10 Iklan YouTube Terpopuler Di Indonesia Hingga Juni 2020

Loading

goodmoneyID – Google hari ini mengumumkan 10 iklan YouTube Indonesia terpopuler untuk semester pertama tahun 2020. Daftar ini, mencatat performa tinggi sebagai hasil dari pemanfaatan popularitas dan promosi.

“20 tahun lalu, dibutuhkan waktu 12 detik untuk kita bisa memperhatikan dan memilih apa yang ingin kita tonton. Tapi sekarang hanya 3-5 detik,” jelaskan Creative Lead Google Indonesia, Ishak Reza dalam keterangan tertulis yang diterima goodmoneyID, Sabtu (18/7).

Lanjut Ishak, hal terpenting dari video iklan kreatif masa kini adalah bagaimana visual dan audio di tiga detik pertama dapat menghentikan penonton menekan tombol skip.

Ini daftar 10 iklan YouTube terpopuler di Indonesia periode Januari-Juni 2020:

  1. Lazada Birthday Sale, Belanja Nonstop Ditraktir Lazada tanggal 27 Maret, oleh Lazada Indonesia, berdurasi 0:15 detik.
  2. Shopee Big Ramadhan Sale | TANAM THR 10 M, Gratis Ongkir Xtra, dan Pasti Diskon 50%!, oleh SHOPEE Indonesia, berdurasi 0:30 detik.
  3. #XperienceMore with Traveloka Xperience, oleh Traveloka, berdurasi 0:42 detik.
  4. imoo Watch Phone Z6 | Watch Phone Flip Pertama di Dunia, oleh imoo Indonesia Official, berdurasi 0:50 detik.
  5. This is #BintangSMA 2019 Winner!, oleh PocariID, dengan durasi 1:00 menit.
  6. Cerita Rasa Teh Kotak, oleh Teh Kotak, berdurasi 1:00 menit.
  7. New Astra Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion #SeriusSerunya #SeriusHitsnya oleh Daihatsu Sahabatku, berdurasi 1:25 menit.
  8. P&G #MaafIbuDiHidupku | #DiRumahAja dekatkan hati yang terpisah jarak, Ramadhan 2020 jadi spesial. oleh Pantene Indonesia berduri 2:16 menit.
  9. Emina Beauty Bestie Webseries – Episode 1, oleh Emina Cosmetics berdurasi 7:35 menit.
  10. Rumah Biru The Series | Episode 1 : “Buddy” oleh Bank BCA, Berdurasi 11:41 menit.

Berikut adalah tiga tips agar iklan bisa mencuri perhatian orang dalam tiga detik pertama:

– Ekspresi dari jarak dekat (close-up).

– Visual yang tidak biasa (misalnya: kucing yang bisa ngobrol, nyamuk raksasa.

– Musik upbeat atau audio unik.

Perpaduan audio visual yang atraktif di tiga detik pertama dan unsur humor menjadi faktor pendukung dalam tingginya minat penonton untuk menyaksikan iklan-iklan semester pertama tahun ini.

Head of Marketing Traveloka Xperience, Terry Santoso mengatakan di Traveloka Xperience, pihaknya percaya bahwa pengalaman (experience) adalah momen yang berharga dalam hidup manusia. Oleh karena itu, Traveloka senantiasa berupaya untuk memberikan inspirasi dan solusi untuk menemukan ribuan pengalaman seru yang dapat dipesan dengan mudah dan nyaman hanya melalui satu aplikasi, yaitu Traveloka.

“Komitmen Traveloka dalam memperkaya pengalaman pengguna ini kemudian bersinergi dengan pengembangan ide kreatif berbasis data yang mengedepankan konsep kearifan lokal dan kolaborasi tim yang menyeluruh sehingga membuahkan hasil karya terbaik berupa iklan #XperienceMore with Traveloka Xperience,” ucapnya.

Sedangkan Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra berterima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Youtube. Penghargaan ini menjadi bukti bahwa iklan Daihatsu Ayla dan Daihatsu Sirion berhasil menarik perhatian dan mendapat respon positif dari penonton YouTube, khususnya kaum milenial. Iklan ini hadir sebagai wujud ide yang ingin memberikan informasi menarik, unik, dan sebagai program Daihatsu untuk semakin dekat dengan pelanggan milenial.

Sementara, Marketing Director PT Amerta Indah Otsuka. Puspita Winawati mengaku sangat senang iklan YouTube #BintangSMA 2019 Winner bisa menjadi Top 10 YouTube Ads di H1 2020. Ide Bintang SMA berasal dari bagaimana Pocari Sweat dapat menjadi relevan dan menginspirasi kaum muda untuk mencapai impiannya.

“Kami sangat terkejut bahwa iklan ini ditonton oleh lebih dari sepuluh juta penonton dan mendapat banyak tanggapan, beberapa dari mereka mengatakan terinspirasi oleh iklan dan kampanye kami,” ungkap Puspita.