goodmoneyID – Tunaiku, platform pinjaman digital berbasis aplikasi pertama di Indonesia dari PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank), bank digital pure-play pertama dan satu-satunya di Indonesia, merayakan dampak sosial yang positif di hari ulang tahunnya yang ke-8.
Hingga saat ini, Tunaiku terus melanjutkan komitmennya untuk menyediakan akses keuangan bagi segmen masyarakat yang belum dan kurang terlayani oleh perbankan dan lembaga keuangan (unbanked and underserved), dan telah mengkomunikasikan dampak positifnya dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui kampanye #Semua8isaLebih.
Selama 8 tahun terakhir, Tunaiku telah berhasil menjadi platform pinjaman digital yang bermanfaat dan terus berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tunaiku telah membantu kehidupan masyarakat Indonesia dengan total pinjaman lebih dari 850.000 dengan total penyaluran dana sebesar lebih dari Rp 8 triliun sejak tahun 2014.
Tunaiku telah diunduh lebih dari 9 juta kali dan dimanfaatkan berulang kali oleh nasabahnya, hal ini membuktikan bahwa Tunaiku dapat diandalkan dalam setiap fase kehidupan mereka. Sampai saat ini, 3 tujuan utama peminjam Tunaiku adalah pinjaman yang memiliki tujuan produktif dan berkelanjutan seperti untuk renovasi, modal usaha, dan pendidikan.
“Di hari jadinya yang ke-8, Tunaiku ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para nasabah dan seluruh pemangku kepentingan yang telah membuat Tunaiku berkembang hingga menjadi brand terpercaya yang dapat diandalkan. Kami akan terus memanfaatkan teknologi untuk menciptakan dampak sosial yang semakin penting untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi.” kata Vishal Tulsian, Presiden Direktur PT Bank Amar Indonesia Tbk.
Ada tiga hal yang membedakan Tunaiku dengan pinjaman digital lain, yaitu:
1. Komitmen.
Menurut Bank Indonesia, 91,3 juta orang Indonesia masih belum tercakup oleh layanan perbankan, atau unbanked . Tunaiku dan Amar Bank telah berkomitmen sejak awal untuk memperluas lebih banyak akses ke layanan keuangan dan mendukung inklusi keuangan. Jadi tidak hanya mengejar profit, tetapi juga tentang pertumbuhan yang berkelanjutan dan memberikan dampak sosial bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang unbanked dan underserved.
2. Transformasi Digital.
Melalui Tunaiku, Amar Bank telah bertransformasi secara digital sejak tahun 2014 sehingga infrastruktur, sistem, dan keamanan digitalnya sudah teruji dan selalu terus dikembangkan.
3. Mindset and culture
Di era digital, bukan lagi nasabah yang mendatangi bank tapi bank yang hadir dalam setiap fase kehidupan nasabah. Tunaiku terus berfokus terhadap nasabah dan kebutuhan mereka, serta mengandalkan hasil data riset dan interview untuk mendapatkan wawasan mengenai kebutuhan masyarakat yang terus berkembang. Inilah mengapa Tunaiku dapat memenuhi kebutuhan nasabahnya dengan produk dan layanannya yang tepat sasaran.
“Inilah perbedaan Tunaiku dari pinjaman digital lainnya, yang telah membuat Tunaiku mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan berhasil meraih berbagai prestasi serta penghargaan selama 8 tahun terakhir,” kata Maria Firani, Corporate Communication PT Bank Amar Indonesia Tbk.