Garuda Indonesia Diminta Tidak Melibatkan Maskapai Asing untuk Angkut Jemaah Haji dan Umrah

Loading

goodmoneyID – Lewat surat resminya Dewan Pimpinan Pusat Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk meminta agar Maskapai nasional Garuda Indonesia (GIAA) tidak melibatkan kerja sama dengan perusahaan penerbangan asing (codeshare) untuk mengangkut Jemaah haji dan umrah dari Indonesia.

Codeshare adalah kerja sama saat maskapai penerbangan mengangkut penumpang yang tiketnya diterbitkan oleh maskapai penerbangan lain. Tujuannya adalah untuk memberikan pilihan tujuan yang lebih luas kepada penumpang daripada yang ditawarkan sendiri-sendiri oleh maskapai penerbangan.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Harian DPP Serikat Karyawan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. atau Sekarga Tomy Tampatty. Ia mengatakan selama ini Garuda Indonesia telah memiliki banyak kerja sama codeshare pada rute internasional dengan beberapa perusahaan penerbangan asing namun tidak untuk penerbangan Umroh dan Haji.

Selain melakukan kerjasama Codeshare, Garuda Indonesia juga merupakan Anggota dari SKYTEAM/Aliansi Penerbangan Internasional.

“Kami  mengingatkan agar dalam melaksanakan rencana Kerjasama CODESHARE antara Garuda Indonesia dengan Perusahaan Penerbangan Asing tersebut tidak untuk  penerbangan pengangkutan Jamaah UMROH dan HAJI Indonesia,” ucap Sekarga Tomy Tampatty, dalam keterangan resminya Senin (29/11).

Hal ini sambung Tomy, mengingat mayoritas rakyat Indonesia beragama Islam dan mayoritas Jamaah Indonesia lebih senang memilih terbang bersama Garuda Indonesia karena pertimbangan beberapa faktor diantaranya faktor bahasa, makanan dan keramahan Awak Kabin Garuda Indonesa dan dari sisi korporasi.

Penerbangan UMROH dan HAJI selama ini merupakan CAPTIVE MARKET Garuda Indonesia yang memberikan kontribusi besar terhadap pendapatan korporasi.

“Atas pertimbangan ini maka kami harap Menteri BUMN, Erick Thohir dapat mengingatkan Manajemen Garuda Indonesia untuk benar-benar mempersiapkan penerbangan UMROH dan HAJI dengan baik.Kami karyawan Garuda Indonesia siap memberikan pelayanan terbaik untuk penerbangan UMROH dan HAJI/seluruh pelanggan setia Garuda Indonesia,” tutup Tomy.