Rakernas VI IPEMI Wujudkan Perempuan Kreatif, UMKM Produktif, Indonesia Bangkit

Loading

goodmoneyID – Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (PP IPEMI) telah menyelenggarakan Rakernas (Rapat Kerja Nasional) yang ke VI dengan tema “Perempuan Kreatif, UMKM Produktif, Indonesia Bangkit” pada 12 – Maret 2023 bertempat di The Forest Hotel Convention, Bogor Jawa Barat. Acara ini sekaligus menyambut ulang tahun IPEMI yang ke-8 (21 April 2015 – 21 April 2023).  Hadir dalam Rakernas IPEMI VI yakni, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim,Vp CSR & SMEPP Management Pertamina,  Fajriyah Usman Drs. , Ketua tim peningkatan akses pasar Direktorat P3DN Dirjen PDN Kementerian perdagangan RI,Yasir Nussa, M.M, dan Direktur Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Ibu Catur Endah Prasetiani P,S.Si,M.T.

Dalam sambutannya, Ingrid Kansil, S. Sos., Ketua Umum IPEMI, mengatakan dengan tema  “Perempuan Kreatif, UMKM Produktif, Indonesia Bangkit” ini diharapkan bisa mendongkrak semangat seluruh anggota IPEMI agar bangkit di masa pemulihan ekonomi pasca pandemi dan bisa mengatasi dampak resesi ekonomi global.

“Saat ini perempuan harus menata kembali dirinya untuk bergerak memacu semangat dan harus bisa lebih melakukan inovasi dan mandiri. Karena selama dua tahun ini juga perjuangan kita UMKM untuk bisa bertahan dan bangkit itu sangatlah sulit. Semoga momentum Rakernas ini bisa kembali merefleksikan persoalan yang dihadapi khususnya bagi para usaha mikro dan kecil,” ungkap Ingrid Kansil dalam paparannya kepada seluruh Anggota IPEMI, Senin (13/03).

Lebih lanjut, Ingrid Kansil menyebut saat ini masalah yang dialami UMKM antara lain, Permodalan, Perizinan, dan juga akses literasi dan edukasi soal teknologi digitalisasi. “Ini momok bagi kita semua, kita semua harus mendapatkan edukasi yang optimal,” imbuhnya.

Foto: UMKM IPEMI Dari Daerah

 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal IPEMI, Nurwahidah Saleh mengatakan, acara Rakernas ini menjadi ajang evaluasi seluruh anggota IPEMI dan merealisasikan peran sesungguhnya pengusaha muslimah. Perempuan yang akrab di sapa Bu Sekjen ini juga mengingatkan kepada seluruh Anggotanya untuk tampil secara sederhana, sesuai aturan kepengurusan IPEMI.

“IPEMI bukan organisasi gaya gayaan, jadi mari kita tampil sederhana makan sederhana tidur tempat yang sederhana, harus siap,” ucap Sekjen IPEMI.

Saat ini keanggotaan IPEMI telah tersebar di 35 provinsi, 340 kabupaten kota, 800 kecamatan, 650 desa, 17 Negara.  Dirinya juga mengingatkan kepada seluruh Anggota IPEMI untuk tetp solid dan membantu pelaku UMKM antar anggota satu sama lain, dengan cara membeli dagangan milik anggota, dari anggota untuk anggota.

Dikesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim mengatakan harapan kami kegiatan rakernas bisa menghasilkan rekomendasi yan bisa diimplementasikan langsung untuk mmbngkitkan ekonomi kaum muslimah indonesia dari Sabang smapai Merauke.

Pada Rakernas Tahun ini Pengurus Pusat IPEMI juga memberikan penghargaan kepada Pengurus Pusat Luar Negeri IPEMI (PPLN) terbaik, Pengurus Wilayah IPEMI (PW) terbaik, Pengurus Daerah IPEMI (PD) Terbaik, dan Pengurus Cabang IPEMI (PC) terbaik tahun 2023.

Tahun depan akan ditambah satu yakni Pengurus Unit IPEMI (PU) terbaik. Setelah itu, acara Rakernas VI IPEMI ditutup dengan pelantikan anggota ipemi baru yakni Pengurus Wilayah IPEMI Papua Barat Daya.