Kemenkeu Mengajar ke-9: Upaya Membangun Kesadaran APBN Sejak Dini

Loading

goodmoneyID – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali hadir untuk menginspirasi dan mendukung semangat belajar para siswa di seluruh Indonesia melalui program kerelawanan Kemenkeu Mengajar ke-9. Salah satunya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati yang hadir langsung untuk mengajar di Sekolah Mengengah Atas Negeri 1 Tanjung Pandan guna memberikan edukasi, pemahaman, wawasan, serta membangun kolaborasi aktif generasi muda di Belitung. Selain Menkeu, beberapa pejabat Kemenkeu yang juga turut mengajar yaitu Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, para Kepala Kantor Wilayah Kemenkeu di Bangka Belitung, serta Direktur Utama PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) dan Direktur Utama PT Sarana Multigriya Finansial (PT SMF).

Dalam sambutannya, Menkeu menyampaikan bahwa program Kemenkeu Mengajar ke9 bertujuan untuk membangkitkan kesadaran generasi muda akan peran penting Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) atau #UangKita dalam mendukung kemajuan bangsa Indonesia.

“Kenapa kita melakukan kegiatan Kemenkeu Mengajar? Karena Indonesia yang kita cintai ini hanya akan bisa menjadi negara yang semakin maju, semakin besar, dan mewujudkan kebaikan bagi seluruh bangsanya kalau diurus dengan baik. Yang mengurus Indonesia tidak hanya pemerintah, tetapi semua warga negaranya, dan salah satu untuk bisa mengurus adalah tahu caranya memelihara dan menjaga Indonesia. Nanti teman-teman Kemenkeu yang akan mengajar akan memberikan sedikit highlight tentang bagaimana mengurus keuangan negara yang begitu sangat pentingnya bagi seluruh bangsa, rakyat Indonesia. Dari mana uang itu diperoleh, bagaimana dikelola, dan bagaimana kita menggunakannya,” ungkap Menkeu.

Lebih lanjut ia menerangkan, undang-undang telah mengamanatkan Kemenkeu sebagai bendahara negara untuk mengumpulkan #UangKita dari berbagai aktivitas ekonomi, kemudian mengelola dan mengembalikannya kepada masyarakat. Salah satunya, untuk membiayai aktivitas pendidikan. “Kalian menikmati pendidikan ini, seluruh aktivitas ini bisa diselenggarakan karena adanya kehadiran negara melalui uang negara atau #UangKita,”
ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Menkeu juga mendorong generasi muda untuk tidak takut bermimpi dan memiliki cita-cita yang tinggi, karena negara akan hadir dan memberikan dukungan terbaik untuk mewujudkan mimpi tersebut. Ia meyakini, dengan dukungan negara, kerja keras, ketekunan, dan kejujuran, mimpi-mimpi besar generasi muda akan terwujud.

“Saya berharap kalian punya cita-cita yang sangat tinggi, karena sekarang negara hadir memberikan banyak sekali kemungkinan untuk kalian bisa meraih impian kalian. Mau jadi atlet boleh, pengen sekolah di universitas terbaik dan bisa mendapatkan beasiswa juga boleh, itu semua dilakukan agar anak-anak generasi muda seperti kalian selalu punya mimpi besar. Dan kalian percaya dengan kerja keras, kerja tekun, kerja cerdas, dan tentu kalian terus menjaga karakter yaitu kejujuran kalian, maka kalian akan bisa meraih impian tersebut,” urainya.

Kemenkeu Mengajar ke-9 adalah bagian dari komitmen Kemenkeu untuk mewujudkan masa depan Indonesia yang lebih cerah. Kemenkeu Mengajar ke-9 diselenggarakan secara serentak di berbagai sekolah di penjuru Indonesia, dengan total 327 sekolah termasuk Sekolah Luar Biasa (SLB) dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN). Relawan Kemenkeu Mengajar ke9 sejumlah 8.333 adalah para pejabat dan pegawai Kemenkeu, Special Mission Vehicle, dan
Badan Layanan Umum di lingkungan Kemenkeu, serta mahasiswa PKN STAN. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa untuk terus belajar, bermimpi, dan meraih cita-cita.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x