Perkuat Daya Saing Perekonomian Daerah, BRI DukungBazaar UMKM “Jelajah Kuliner Indonesia” 2025

Loading

goodmoneyID – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendorong pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui dukungan terhadap Bazaar UMKM Tahun 2025 “Jelajah Kuliner Indonesia” yang digelar di Kota Medan. Ajang ini merupakan bagian dari inisiatif Badan Pengatur BUMN untuk memperluas akses pasar UMKM sekaligus mempromosikan ragam kuliner unggulan dari berbagai daerah di Tanah Air.

Gelaran yang berlangsung selama tiga hari, Jumat hingga Minggu, 14–16 November 2025 di Lapangan Benteng Kota Medan menjadi program strategis yang sejalan dengan agenda transformasi BUMN dalam perluasan inklusi ekonomi dan penguatan peran UMKM. Sektor kuliner pun dipilih karena memiliki daya serap tenaga kerja yang besar, pertumbuhan usaha yang cepat, dan potensi pengembangan yang luas.

Mengusung tema “Jelajahi Rasa, Rayakan Budaya, Dukung UMKM Indonesia”, kehadiran Jelajah Kuliner Indonesia di Medan diharapkan menjadi momentum penting untuk menonjolkan menonjolkan potensi UMKM, memperkuat ekosistem ekonomi lokal, serta menyediakan ruang bagi para pelaku usaha untuk tumbuh, membangun koneksi, dan berkompetisi secara sehat dan kreatif.

Corporate Secretary BRI Dhanny mengungkapkan bahwa penyelenggaraan ini menjadi bentuk dukungan nyata BRI dalam memperluas akses pemasaran UMKM sekaligus mendorong digitalisasi usaha melalui pemanfaatan platform PaDi UMKM.

“Kami berharap kegiatan ini menjadi sarana bagi para UMKM utamanya usaha kuliner untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan kualitas produk, serta memperkenalkan kuliner terbaik Sumatera Utara ke kancah nasional,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, rangkaian Jelajah Kuliner Indonesia 2025 terdiri dari Pra Event dan Main Event. Pra Event sendiri telahdigelar pada 29 Agustus 2025 di Rumah BUMN Medan denganmengusung edisi hortikultura bertema “Integrasi Supply Chain Management dan Digital Marketing melalui Budaya Inovasi untukMeningkatkan Daya Saing Bisnis.” Melalui kegiatan tersebut, peserta mendapatkan pembekalan terkait manajemen rantai pasok, strategi pemasaran digital untuk produk hortikultura, hingga praktikpembuatan dried fruits. Acara ini diikuti oleh 30 UMKM binaanRumah BUMN.

Sementara itu, pada kegiatan kedua yakni Main Event JelajahKuliner Indonesia 2025, diketahui sebanyak 80 UMKM kategoriready-to-eat dan snack turut berpartisipasi langsung selama tigahari penyelenggaraan. Ajang ini juga diramaikan dengan berbagaiagenda menarik seperti festival makanan, talkshow, stand-up comedy, workshop, cooking class, lomba kuliner, kids zone, hinggasesi poundfit. Suasana semakin meriah berkat beragam doorprizeyang dibagikan kepada para pengunjung.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM BP BUMN Loto Srinaita Ginting menyampaikan bahwa Jelajah Kuliner Indonesia 2025 merupakanwadah untuk memperkenalkan kekayaan kuliner Nusantara sekaligus mendorong UMKM agar naik kelas dan bertransformasisecara digital.

Melalui dukungan BP BUMN, Danantara Indonesia dan BUMN pendukung serta kolaborasi lintas sektor yang dilakukan, kita inginmemperluas pasar dan menciptakan UMKM yang produktif di daerah. Kegiatan JKI 2025 ini juga sebagai upaya dalammendukung Program Asta Cita Presiden Republik Indonesia sebagai bagian dari komitmen untuk mewujudkan visi “Bersama Indonesia Maju menuju Indonesia Emas 2045”,” ujarnya.

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x