Gerak Cepat, TNI AL Kirim Bantuan Logistik dan Tim Medis Ke Lokasi Gempa Sulbar

Loading

goodmoneyID – Penyaluran bantuan bagi korban gempa di Mamuju Sulawesi barat (Sulbar)  tidak hanya melalui jalur darat dan udara tapi juga jalur laut, salah satunya di desa Karang Puang.

Penyaluran bantuan dilakukan TNI AL menggunakan perahu nelayan. Bantuan ini di salurkan melalui jalur laut karena letak desa ada di seberang pulau. TNI AL juga mengirim bantuan kesehatan yang dilakukan oleh petugas medis.

“Kita menggunakan jalur laut, menggunakan prahu nelayan dan beberapa alat yang kami punya. Untuk yang diatas gunung kita pakai helikopter yang kita miliki. Ada tiga pendekatan bantuan dari kuta yakni laut, darat dan udara,” Ujar Kolonel (MAR) Y. Rudy Sulistyanto DANSATGAS Bencana Alam TNI AL Sulbar.

Foto: Pemberian paket sembako lewat jalur laut, oleh TNI AL Sulbar (Dok TNI AL Sulbar)

Selain itu, Komandan satgas penanggulanag bencana TNI AL Sulbar juga bergerak cepat memberi bantuan logitik dan pelayanan kesehatan di 3 dusun terisolir yakni dusun nangka, sepang dan talang.

Bantuan ini sesuai dengan intruksi TNI yang mengutamakan logistik dan kesehatan. “Semoga ini bermanfaat bagi masyarakat yang ada disana,” tutur Rudy.

Sebelumnya pada Kamis malam, Kabupaten Majene, Sulawesi Barat (Sulbar) diguncang gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,0. Kekuatan gempa dirasakan pula oleh Warga Kota Mamuju yang sontak berhamburan ke luar rumah.

BMKG melaporkan gempa terjadi pada Kamis (21/1/2021) pukul 19.55 WIB. Titik koordinat gempa berada di 2,95 Lintang Selatan dan 118,91 Bujur Timur.