Pandemi, Allianz Utama Indonesia Komit Jalankan Bisnis secara Berkelanjutan

Loading

goodmoneyID – Di tengah tantangan yang terjadi pada tahun 2020, industri asuransi
umum di Indonesia mengalami perlambatan pertumbuhan. Berdasarkan data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) premi asuransi umum melambat sebesar 4,04% dibandingkan dengan tahun 2019.

Meski demikian, PT Asuransi Allianz Utama Indonesia (Allianz Utama) mampu mencatatkan kinerja yang solid di tahun 2020. Perusahaan mencatatkan Pendapatan Premi Bruto atau Gross Written Premium sebesar Rp1,18 triliun dan total aset sebesar Rp2,45 triliun.

Dari sisi lini bisnis, asuransi properti memberikan kontribusi yang cukup tinggi yaitu sebanyak sebesar Rp355 miliar dan asuransi liability (tanggung gugat pihak ketiga) sebesar Rp201 miliar.

Sedangkan dari sisi jalur distribusi, Financial institution (kerja sama Bancassurance) Allianz Utama mencatatkan pertumbuhan tertinggi, yaitu sebesar Rp23 miliar atau meningkat 37,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kinerja tersebut dicapai karena seluruh karyawan telah berkontribusi secara maksimal. Kami telah membangun ekosistem digital yang kokoh dan gesit yang dapat mendukung penuh operasional dan layanan terhadap mitra bisnis dan Nasabah kami selama pandemi. Dunia berubah dengan sangat dinamis dan membuat kita harus beradaptasi dengan new normal. Meski pandemi telah mempengaruhi banyak sektor dan menciptakan ketidakpastian massal dan pasar yang bergejolak. Namun, kami tetap berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dengan berfokus pada pertumbuhan dan kualitas, dan pengalaman terbaik Nasabah sebagai strategi kami,” kata Peter van Zyl, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, dalam keterangan resminya, Minggu (30/5).

Pada tahun 2020 Allianz Utama terus memperkuat kemitraan dengan bank terkemuka di Indonesia, serta melakukan sederet kerja sama dengan e-commerce, maupun perusahaan start up fintech yang memiliki online presence yang kuat seperti JD.ID, Pasarpolis, Gojek, dan Home Credit Indonesia.

Serangkaian inovasi digital yang dilakukan oleh Allianz Utama sejak 2019 terus dikembangkan dan ditingkatkan agar tetap relevan dengan pasar yang terus berkembang
dan mampu melengkapi gaya hidup masyarakat Indonesia saat ini.

Selain itu, Allianz Utama juga meluncurkan sebuah terobosan digital baru bagi Nasabah, yakni Portal Klaim Digital untuk Asuransi Kendaraan Bermotor dan Asuransi Perjalanan dan
menawarkan layanan baru yaitu layanan video call interaktif untuk Survei Klaim Asuransi
Kendaraan Bermotor dan Asuransi Properti, serta untuk Survei Penutupan Asuransi Properti.

Tidak hanya itu, Allianz Utama juga membuat kemajuan signifikan pada target untuk
mengurangi jejak operasi Perusahaan dan menjalankan bisnis secara berkelanjutan dan
bertanggung jawab. Dengan diberlakukannya kebijakan bekerja dari rumah dan pembatasan sosial skala besar (PSBB) sejak awal pandemi, Allianz Utama telah mengurangi 22,86% intensitas energi, 20,19% intensitas air dan 77,89% sampah. Kami juga secara konsisten mendukung program Bank Sampah Gusling melalui kegiatan penimbangan sampah di kantor pusat Allianz sejak 2018.

Hal tersebut merupakan bagian dari komitmen kami dalam mengurangi sampah Indonesia.
Allianz Utama juga secara konsisten mendukung OJK untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia.

Tahun 2020, Perusahaan berhasil memberikan edukasi literasi keuangan kepada lebih dari 18.000 orang dengan harapan ilmu tersebut akan memberdayakan mereka untuk meningkatkan kesejahteraan yang semakin penting di saat-saat sulit seperti sekarang.

Menjadi salah satu perusahaan yang paling terpercaya, Allianz Utama senantiasa membuktikan komitmennya untuk memberikan perlindungan kepada Nasabah dengan membayarkan klaim sebesar Rp460 miliar sepanjang tahun 2020.

Allianz Utama juga kuat secara finansial dengan rasio kecukupan modal atau Risk-Based Capital Ratio (RBC) 346%, yang jauh di atas ketentuan minimum yang ditentukan regulator sebesar 120%.

“Di tahun 2020 yang penuh tantangan, kami tidak berhenti untuk terus meningkatkan kualitas layanan dan menerapkan digitalisasi agar Nasabah mendapatkan pengalaman berasuransi yang mudah dan menyenangkan. Selain membangun ekosistem digital, kami juga fokus untuk mengembangkan potensi karyawan untuk membangun tim terbaik, dan mendorong kinerja yang lebih baik di tahun-tahun mendatang,” kata Sunadi, Chief Financial Officer Allianz Utama Indonesia.

Upaya Allianz Utama untuk terus melakukan layanan terbaik bagi Nasabah terlihat dari layanan klaim asuransi mobil Allianz Utama yang mendapatkan rating ‘sangat puas’ dari Nasabah. Rating tersebut berdasarkan survei yang dilakukan terhadap Nasabah asuransi kendaraan Allianz Utama terutama dari sisi kemudahan pengajuan klaim, pelayanan karyawan terhadap Nasabah, kemudahan dan kejelasan informasi tentang proses klaim, serta kesesuaian jumlah klaim yang dibayarkan yang secara keseluruhan mendapatkan rating 4,8 dari total 5 poin.