goodmoneyID — Dalam rangka mendorong digitalisasi pada pelaku usaha Indonesia guna memperluas akses pasar global, Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/Indonesia Eximbank giat membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan kolaborasi yang kontributif dalam rangka mendorong ekspor nasional.
Kali ini kolaborasi tersebut diwujudkan melalui kerjasama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Guangzhou bersama Kementerian Perdagangan RI dan Bank Indonesia. Kerja sama ini berupa pelaksanaan kegiatan B2B business matching melalui OPB, B2B e-commerce dari Guangzhou yang diperkenalkan oleh KJRI Guangzhou dengan tujuan untuk memperluas jaringan pasar ekspor para pelaku UMKM Indonesia ke berbagai negara.
Dalam kerja sama ini, KJRI Guangzhou berperan sebagai perantara untuk memfasilitasi
proses UMKM dengan membuka akses pasar via e-commerce bagi mitra binaan LPEI
dan calon buyer.
Hal ini merupakan salah satu upaya LPEI dalam rangka mendukung Pemerintah untuk
meningkatkan ekspor nasional. Berdasarkan statistik BPS, hingga September 2022,
secara kumulatif nilai ekspor Indonesia mencapai US$219,35 miliar, naik 33,49 persen
dibanding periode yang sama tahun 2021.
Peran aktif LPEI sebagai fasilitator dan akselerator, yakni menjembatani kepentingan
pelaku ekspor guna mempercepat pertumbuhan ekspor nasional. Melalui perannya, LPEI
membawa mitra binaanya untuk dipertemukan dengan calon buyer di berbagai negara,
salah satu diantaranya adalah Guangzhou, Republik Rakyat Tiongkok (RRT).
Hingga Juli 2022, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) masih menjadi negara yang
mendominasi pasar ekspor RI. Tercatat total ekspor ke negeri Tirai Bambu tersebut
sebesar US$5,03 miliar atau setara 20,77 persen dari total ekspor nasional per Juli 2022.
Pada kesempatan ini, LPEI mengundang lima mitra binaannya untuk dipertemukan
dengan calon buyer yang diperkenalkan oleh KJRI Guangzhou melalui e-commerce
OPB. Sebagian besar para pelaku UMKM berasal dari sektor makanan dan minuman
seperti PT Rendang Uni Tutie dengan produk rendang, CV Amanah dengan makanan
ringan, hingga Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah dengan produk kopinya yang
juga merupakan Desa Devisa Kopi Subang binaan LPEI.
Adapun tercatat sebanyak 30 mitra binaan dan debitur LPEI yang telah berhasil memperluas akses pasarnya ke kawasan RRT berkat program pendampingan LPEI.
“Kami berkomitmen untuk terus mengupayakan dan membantu para UMKM menembus
pasar ekspor melalui akses pasar via e-commerce sebagai perantara bagi para buyer di
RRT dengan pelaku UMKM Indonesia. Peran LPEI sebagai fasilitator diharapkan dapat
memberikan banyak kesempatan bagi para pelaku UMKM nasional agar bisa bersaing di
pasar global,” ujar Gerald S. Grisanto, Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI.
Gerald menambahkan, Perluasan akses pasar melalui e-commerce saat ini menjadi
salah satu upaya yang terus didorong oleh LPEI, mengingat industri ini menjadi kanal
yang dinilai efektif serta efisien untuk memasarkan produk UMKM Indonesia.
Selain perluasan akses pasar melalui e-commerce, LPEI juga telah melakukan business
matching dan telah mempertemukan 112 UMKM Indonesia dengan calon buyer di 18
negara.
Kegiatan business matching LPEI telah mencatat sebanyak 166 transaksi yang
telah dibukukan oleh para pelaku UMKM binaan LPEI melalui kegiatan ini.