goodmoneyID – Perusahaan konektivitas infrastruktur digital PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (IDX: WIFI) atau Surge melalui pilar usaha periklanan media dengan brand MacroAd (PT Pulau-Pulau Media) menghadirkan solusi bagi para pemilik brand atau produsen dalam mengoptimalkan investasi iklan di masa pandemi. Solusi ini dihadirkan melalui metode direct Return of Investment (ROI) dimana pemilik brand akan mendapatkan revenue (pendapatan) atas besaran investasi yang dikeluarkan untuk belanja iklan.
Solusi yang dihadirkan oleh Surge ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Indonesia.Hal ini sejalan dengan misi Surge untuk melengkapi kebutuhan harian masyarakat (daily needs), media dan hiburan (media & entertainment), serta infrastruktur konektivitas (connectivity) yang terwujud atas sinergi dan kolaborasi antar produk dalam ekosistem.
Lewat solusi ini, pemilik brand atau produsen yang menggunakan jasa periklanan luar ruang MacroAd akan mendapatkan sejumlah manfaat, diantaranya:
- Secara langsung dapat mengakses media Out of Home (OOH) dan media digital milik MacroAd yang berpotensi menjangkau 100 juta pengguna per hari. Ini akan membantu pemilik brand dalam branding serta peluang akuisisi pelanggan baru.
- Mempercepat Return of Investment (ROI) dari investasi iklan dengan mendorong penjualan produk milik brand lewat jaringan retail milik Surge hasil kolaborasi dengan KUD di seluruh pelosok Jawa. Cara ini dilakukan dengan pembelian sejumlah produk milik brand partner oleh Surge sesuai dengan investasi iklan untuk kemudian dijual melalui mitra-mitra warung maupun pedagang kecil yang telah tergabung dalam jaringan distribusi Surge.
Direktur Pengembangan Bisnis Surge Martha Rebecca menjelaskan Di masa penuh tantangan seperti saat ini, sangat penting bagi pemilik brand untuk bisa mengukur efektivitas dari setiap investasi yang dikeluarkan, termasuk iklan.
“Dengan peran iklan yang fundamental bagi branding perusahaan dan peluang akuisisi pelanggan baru, diperlukan solusi yang tepat untuk mendukung optimalisasi iklan sekaligus tepat sasaran.” ujar Martha, dalam keterangan resminya, Senin (9/8).
Surge melihat bidang OOH advertising masih memiliki potensi yang baik ke depan, terutama dengan kegiatan bisnis di berbagai sektor industri yang mulai pulih di tahun ini. Hal ini terlihat dari layanan MacroAd yang menitikberatkan pada transportasi masa seperti di dalam kereta api, stasiun kereta api, tepi jalan dan media di berbagai lokasi retail mencatatkan pertumbuhan positif di akhir tahun lalu dengan persentase mencapai 29%. Hingga kini, solusi direct ROI ini telah digunakan oleh beberapa pemilik brand besar yang termasuk dalam lingkup kategori Fast Moving Consumer Good (FMCG) di Indonesia.
Lebih lanjut, Martha menjelaskan Metode direct ROI yang ditawarkan melalui keterpaduan produk dalam ekosistem Surge ini akan mendukung para pemilik brand atau produsen untuk terus menjangkau masyarakat di tengah situasi menantang seperti saat ini. Kelebihan utama dimana pemilik brand bisa mendapatkan sales atau pendapatan langsung dari besaran biaya iklan yang dikeluarkan akan semakin mendorong efisiensi dan efektivitas budget pemilik brand.
“Terlebih dari sisi penjualan produk pemilik brand akan didorong oleh jaringan retail Surge dan KUD.” imbuhnya.
Jaringan retail hasil kolaborasi Surge dengan KUD sebelumnya ini memberdayakan para pedagang warung kecil dalam radius <10 km untuk bisa memperoleh berbagai produk sebagai stok untuk berjualan dengan sistem konsinyasi penuh. Dengan cara ini, pedagang warung bisa mengambil produk tanpa modal yang merupakan bagian dari solusi-preneur.
Secara mudah, mereka dapat langsung melakukan pembelian stok produk melalui Linistore.id, marketplace distributor yang dibuat khusus oleh Surge untuk para pedagang warung. Para mitra UMKM juga dapat melakukan pengambilan barang-barang milik brand partner di gudang KUD terdekat, sehingga memperingan ongkos logistik. Jaringan retail yang tersebar di area Jawa ini akan menjadi channel distribusi dari Surge yang akan mendorong penjualan produk milik brand atau produsen.
“Jaringan retail Surge dan KUD yang menjangkau daerah tier 2 dan 3 menjadi keunggulan kedua yang akan didapatkan oleh pemilik brand dalam memasarkan produk mereka. Daerah jangkauan yang biasanya membutuhkan pengeluaran tinggi dan lebih sulit dijangkau oleh pemilik brand ini akan secara langsung dapat diakses oleh pemilik brand lewat jaringan Surge. Mereka juga bisa langsung menentukan harga jual dan memantau aktivitas penjualan dari dashboard Linistore.id,” jelas Martha.
Dengan berbagai solusi dan kemudahan yang diberikan, Surge optimis dapat membantu para pemilik brand atau produsen untuk tetap produktif dan optimal di masa pandemi saat ini. Terlebih dengan jaringan ekosistem Surge yang memiliki potensi untuk menjangkau populasi audience lebih dari 100 juta orang per hari.