DMMX Bentuk Joint Venture Konten Digital

Loading

goodmoneyID – PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX), perusahaan infrastruktur cloud digital advertising yang merupakan entitas anak PT M Cash Integrasi Tbk (Grup MCAS). Mengumumkan investasinya di PT Bumilangit Entertainment Corpora (Bumilangit), sebuah perusahaan hiburan yang memiliki salah satu koleksi kekayaan intelektual (IP) komik superhero terbesar di Asia, dan bermitra membentuk perusahaan joint-venture (JV) konten digital.

JV bernama PT Bumilangit Digital Mediatama ini akan memungkinkan DMMX untuk membawa konten yang lebih kaya dan lebih menarik ke dalam iklannya, serta membuka platform digital bagi Bumilangit untuk mendistribusikan dan memonetisasi aset IP-nya.

Bumilangit mengelola lebih dari 1,100 karakter, salah satunya adalah Gundala. Film pertama dari Bumilangit Cinematic Universe, yang memecahkan rekor sepanjang masa untuk film pahlawan Indonesia terlaris setelah dirilis pada 2019.

Direktur Utama DMMX, Budiasto Kusuma mengatakan, pihaknya berharap melalui kerjasama ini bisa membawa konten yang lebih menarik.

“Kami gembira dapat bermitra dengan perusahaan hiburan terdepan di Indonesia dengan perpustakaan IP terkaya. Melalui kemitraan ini, kami berharap dapat membawa konten yang lebih menarik ke platform periklanan kami, dan melibatkan konsumen yang semakin cerdas dengan lebih baik lagi. Kami juga berharap untuk dapat lebih melayani baik klien ritel maupun komersial kami dengan menawarkan strategi promosi yang lebih canggih dan peluang kerja sama dengan perusahaan,” ujar Budiasto, di Jakarta, Jumat (24/7).

Pendiri dan Chief Executive Officer (CEO) Bumilangit, Bismarka Kurniawan menambahkan, dengan bekerja sama dengan DMMX, Bumilangit akan mendapatkan akses menuju jalan baru untuk mendistribusikan konten dan menjangkau langsung ke basis penggemar.

Investasi DMMX di Bumilangit dan pembentukan perusahaan JV ini, diharapkan akan selesai pada semester kedua tahun 2020. Pasca penyelesaian, DMMX akan menjadi pemegang saham Bumilangit dan memiliki 50% saham dari perusahaan JV tersebut, dan Bumilangit akan memiliki 50% sisanya.

“Bumilangit melihat banyak manfaat yang akan muncul dari kolaborasi dengan bisnis digital. Lebih penting lagi, langkah ini akan memberdayakan kemampuan dan keberadaan digital kami, yang sangat penting di Indonesia yang semakin digital,” tegas Bismarka.

Komisaris Utama DMMX dan Managing Director grup usaha MCAS, Jahja Suryandy menambahkan, dengan perpaduan yang kuat dari infrastruktur digital DMMX yang massive dan hiburan bernilai tinggi serta creative franchise milik Bumilangit. Kemitraan ini diharapkan dapat membawa sinergi yang saling menguntungkan dan menciptakan kekuatan dalam mendistribusikan iklan yang unik di seluruh platform digital DMMX.

“Melalui JV ini, DMMX akan meminjamkan kemampuan platform dan keahlian digitalnya ke Bumilangit, sekaligus mendapatkan akses ke basis data IP Bumilangit, yang memiliki potensi perkembangan luar biasa dalam hal memperkaya konten DMMX. Sebagai gantinya, Bumilangit akan mendapatkan peningkatan exposure dari produk dan layanannya serta akses peluang bundling dengan berbagai klien DMMX. Dengan demikian, DMMX akan dapat menjangkau lebih banyak klien, yang diberdayakan dengan basis konten yang lebih kuat,” tutup Jahja.