goodmoneyID – Merry Riana Group bersama GoPlay dan LOKET menghadirkan event tahunan InspiraFest 2021 bertajuk Inspirafest Creator Economy. Untuk mendorong minat masyarakat menjadi konten kreator dengan belajar langsung dari para mentor ternama, InspiraFest 2021 hadir secara virtual melalui GoPlay, platform live streaming interaktif dan video on demand bagian dari Gojek.
Partisipasi pada InspiraFest 2021: Inspirafest Creator Economy dapat dilakukan hanya dengan mendaftar melalui LOKET yang merupakan platform manajemen event dari Gojek, pada tautan https://loket.com/event/
Puluhan konten kreator ternama tanah air akan meramaikan InspiraFest 2021 sebagai pembicara dan mentor selama satu hari penuh pada Sabtu, 14 Agustus 2021, dengan motivator dan pengusaha Merry Riana sebagai pembicara utama. Konten kreator seperti Edho Zell, aktor Jovial Da Lopez, jurnalis dan Founder Narasi, Najwa Shihab, hingga CEO GoPlay Edy Sulistyo akan mengisi sesi conference utama.
Motivator dan Founder Merry Riana Group Merry Riana mengatakan, konten kreator bukan lagi sekedar hobi. Cukup banyak yang sudah menjadikannya sebagai profesi. Penting bagi seorang konten kreator untuk tidak menempatkan diri mereka sebagai penghasil suatu tontonan saja. Mereka harus mampu memberi tuntunan dengan posting (hal-hal) yang penting, bukan yang penting posting dan berbagi optimisme dan inspirasi khususnya pada situasi pandemi saat ini.
“Saya berharap InspiraFest 2021 menciptakan perubahan besar dan mempertemukan para Top Speakers yang sukses di usia muda dengan ribuan peserta. Pada event yang telah memasuki tahun kelima ini, saya dan para mentor, konten kreator, serta influencer berharap dapat mendorong semangat berkarya masyarakat Indonesia melalui the power of content!,” ujar Merry Riana, di Jakarta Selasa (10/11).
CEO GoPlay Edy Sulistyo menambahkan “GoPlay telah menjadi rumah bagi para konten kreator tanah air untuk berkreasi dan memperkenalkan karya mereka secara lebih luas. GoPlay senang dapat berkolaborasi dengan Miss Merry, Merry Riana Grup, dan puluhan konten kreator lain yang memiliki kesamaan visi dengan rekam jejak panjang dalam konten-konten inspiratif dan positif. Lewat berbagai fitur livestreaming interaktif di GoPlay Live, saya berharap dapat mendorong masyarakat untuk terus berkarya dan tetap produktif di tengah ekonomi kreator yang terus meningkat di Indonesia.”
Edy pun menyampaikan bahwa GoPlay terus mendorong kreativitas para konten kreator, terutama di tengah pandemi. Satu contoh, pada awal pemberlakuan PPKM Darurat, seorang konten kreator di GoPlay mampu mengumpulkan pendapatan lebih dari Rp10 juta dari sebuah sesi streaming di GoPlay Live lewat fitur virtual gift. “Lewat InspiraFest 2021, saya berharap lebih banyak lagi masyarakat yang memperoleh inspirasi, ilmu, dan insight, dan menemukan wadah untuk menjadi konten kreator melalui platform GoPlay,” ujarnya.
Ekonomi kreator atau berbasis kreasi konten di tingkat global maupun Indonesia terus meningkat. Sebuah studi mengestimasikan total market size ekonomi kreator global akan mencapai sekitar USD104,2 triliun. Apalagi bila melihat data di Indonesia yang menunjukkan bahwa 86,2% penduduk produktif Indonesia mengakses aplikasi hiburan dan video, melampaui aplikasi musik, game, belanja dan lainnya.
Tren ini sejalan dengan data internal GoPlay yang menunjukkan peningkatan Monthly Active User (MAU) mencapai hampir 200% dari Mei hingga Juni 2021 dengan antusiasme para pengguna aplikasi GoPlay pada konten-konten hiburan interaktif, terutama talkshow dan game show.
InspiraFest 2021 pun menawarkan tiket VIP senilai Rp550.000 yang dapat diperoleh melalui LOKET atau GoTix untuk dapat mengakses program acara general, Rewind Event yang merupakan rekaman event selama satu (1) bulan setelah acara, Merchandise eksklusif, dan fitur khusus seperti VIP Lounge. Pada VIP Lounge, peserta dapat berkesempatan untuk bertanya langsung kepada mentor seperti Analisa, Yudist Ardhana, Rian D’Masiv, Ade Rai, Chandra Putra Negara, dan Chiki Fawzi.
“Melalui kerja sama dengan GoPlay dan LOKET, kiranya InspiraFest 2021 menjadi lebih berwarna dengan pengalaman virtual yang dijamin membuat peserta tidak bosan walau dari rumah. Tidak hanya bisa mempelajari bagaimana para perjalanan para Top Content Creator membangun konten dari awal hingga sukses seperti saat ini, peserta juga bisa berinteraksi dengan mentor secara virtual lewat beragam fitur seru. Jangan sampai ketinggalan!” tutup Merry.