ESG Pegadaian Langkah Nyata Perusahaan, MengEmaskan Indonesia

Loading

goodmoneyID – Gemah Ripah Loh Jinawi, kiranya ungkapan kalimat tersebut sangat familiar di telinga dan juga penglihatan mata kita masyarakat Indonesia. Itulah juga sebuah penggambaran sosok yang sempurna tentang  negara kepulauan Indonesia.  Kandungan alam yang berlimpah yang dimiliki, daratan, lautan, perbukitan yang telah ada sejak dahulu, hingga mineral mineral yang terkandung didalamnya merupakan surga tersendiri bagi manusia di lapisan dunia ini. Semua negara membutuhkan Indonesia, semua pribadi, individu merasa nyaman di Indonesia. Itulah kiranya kenapa slogan/ungkapan gemah ripah loh jinawi terpasung pada sosok negara Indonesia. Negara yang aman, nyaman, tentram, subur dan makmur, mensejahterakan masyarakatnya, dengan keberlimpahan sumber daya yang dimiliki. .

Bersama Pegadaian MengEmaskan Indonesia, Adalah kalimat luar biasa yang persero sematkan pada sebuah tema kompetisi jurnalis, dimana, publik di giring untuk merasa bangga berada di Indonesia, yang laksana seperti emas berkilau, sangat berharga. Di genap usia nya, 124 tahun di tahun 2025 ini, persero ingin terus berperan aktif serta lebih berkontribusi aktif dalam membangun negara Republik Indonesia tercinta. Sebagai salah satu perusahaan BUMN jasa keuangan non bank terkemuka di Indonesia, yang memberikan beberapa pelayanan terhadap masyarakat Indonesia.

Layanan tersebut sudah menjadi ikon perusahaan dalam memuaskan pelanggan yang menjadi kontribusi aktif perusahaan dalam menjalankan bisnis perusahaan. Layanan PT Pegadaian tersebut adalah seperti layanan gadai, yang merupakan layanan pinjaman dengan jaminan barang berharga seperti perhiasan, elektronik juga kendaraan. Yang kedua adalah layanan pembiayaan. Dalam hal layanan pembiayaan ini ada yang memakai prinsip maupun konvensional, yang fokus utama menyalurkan pembiayaannya pada sektor ekonomi mikro dan makro yang tujuannya adalah untuk mendukung perekonomian masyarakat Indonesia dalam menjawab kebutuhan pasar. Layanan terakhir adalah juga terfokus pada kepuasan konsumen yang diantaranya adalah jasa pembayaran tagihan, jasa sertifikasi, jasa taksir surat berharga, hingga jasa safe deposit box individu perorangan maupun perusahaan.

Tentunya di usianya yang sudah tidak muda lagi, PT pegadaian (Persero) makin mantap dan gemilang dalam menjalankan roda bisnisnya. Yang pastinya juga telah banyak berkontribusi terhadap sejarah perkembangan jasa keuangan  di Indonesia. Berbagai jasa layanan di sempurnakan, Aspek pembiayaan, GCG perusahaan pun makin di selaraskan dengan increase perkembangan dunia digitalisasi dan regulasi yang di tetapkan pemerintahan. Kini PT Pegadaian (Persero) haruslah bangga dan membusungkan dada, telah di percaya oleh Presiden Republik Indonesia sebagai perusahaan atau Bank Emas pertama di Indonesia, melalui surat persetujuan yang dikeluarkan oleh regulator.

Dengan penerbitan surat persetujuan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor S-325/PL.02.2024 pada bulan Desember 2024 lalu. Dengan penetapan ini PT Pegadaian (Persero) kiranya, sangat memungkinkan untuk menyelenggarakan  kegiatan usaha berbasis emas. Mulai dari Deposito Emas, Pinjaman Modal Kerja Emas, Jasa Titipan Emas Korporasi, juga mengadakan perniagaan Emas, atau perdagangan emas. Yang notabene seluruh perniagaan emas Indonesia tersentralisasi pada PT Pegadaian (Persero). Hal ini dikuatkan oleh Presiden Prabowo yang pada 26 februari 2025, meresmikan layanan Bank Emas Pegadaian sebagai bentuk dari penguatan strategi hilirisasi dan literasi masyarakat terhadap investasi emas di tanah air.

Kepercayaan yang disematkan pada PT Pegadaian (Persero) oleh pemerintahan saat ini adalah tidak sekedar berkelakar. Usia yang matang saat ini membuktikan bahwa persero  sangat serius mengembangkan bisnis dan selalu aktif dalam improve terhadap budaya organisasi yang diterapkan,  selain increase pendapatan yang signikan tentunya. Peran dan fungsinya sebagai lembaga inklusi keuangan, yang memberikan akses keuangan pada segmen masyarakat yang tidak terlayani oleh lembaga keuangan konvensional menjadi sasaran utama masyarakat dalam bersolusi.

Juga tentunya sebagai penyalur dana masyarakat melalui pinjaman dengan system gadai yang mudah, cepat dan aman. Belum lagi ditambah Persero sebagai dukungan ekonomi secara nasional yang berperan aktif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui layanan keuangan. Lalu bagaimana sisi lain penerapan tata Kelola PT Pegadaian sehingga mendapatkan kepercayaan luar biasa tersebut. Dalam menjalankan perseroan yang aktif. PT Pegadaian (Persero) selalu mengacu pada Good Governance dan transparansi, di mana PT Pegadaian selalu meningkatkan transparansi dan pengawasan terhadap seluruh aktivitas perusahaan baik di pusat maupun cabang, daerah dengan melalui prinsip tata Kelola yang baik.

Dan yang selanjutnya dalam pola GCG yang diterapkan PT Pegadaian (Persero) adalah, Suistanable Report, dimana PT Pegadaian (persero) selalu secara rutin dan aktif dalam menerbitkan atau juga menginfokan keberlanjutan usaha sebagai langkah yang strategis dalam berkomitmen menjalankan perusahaan yang serius juga kberlanjutan bisnisnya yang sehat dan clean.

Selain menerapkan GCG yang terus berkesinambungan dengan menerapkan juga prinsip kehati hatian. PT Pegadaian (Persero) pun kini menerapkan Environmental, Social, and Governance (ESG) sebagai bagian dari transformasi dan komitmennya terhadap bisnis yang berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap perusahaan dan lingkungan.  Salah satu kreasi bisnis yang dihasilkan adalah program lingkungan seperti The gade clean dan gold yang mengubah sampah menjadi tabungan emas. Program ini merupakan salah satu program unggulan PT Pegadaian (persero) yang diadakan fokus pada pengelolaan sampah, baik organic maupun non organic, Gerakan penghijauan masyarakat, tanam pohon, bakau juga hutan lindung.

Selain itu dalam segi Environmental (Lingkungan) ini PT Pegadaian berupaya penuh dalam mendukung program mengurangi emisi karbon dengan memberdayakan serta mengakselerasikan penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan operasional perusahaan. Dan dalam hal ini, Langkah positif tersebut tentunya memberikan dampak yang cukup signifikan, akan pengurangan emisi karbon udara, mengingat banyaknya kantor cabang maupun kas juga unit PT Pegadaian di seluruh Indonesia.

Untuk Aspek sosial (Social) PT Pegadaian, tentunya sangat mendukung atas tumbuh kembangnya Usaha Mikro Kecil Menengah UMKM. Hal ini, sangat selaras dengan juga PT Pegadaian termasuk dalam salah satu Perusahaan BUMN di Indonesia. Yang mendapatkan mandat dalam membina, memberikan pelatihan, berkontribusi aktif pada UMKM Binaannya. Saat ini, dimungkinkan sebanyak sepuluh ribu UMKM Binaan PT Pegadaia (Persero) sudah terakomodir dalam UMKM Naik kelas, yang sudah dibimbing melalui pelatihan manajemen keuangan, branding, packaging hingga akselerasi percepatan penjualan perniagaan produk melalui e-comerce atau juga sosial media lainnya. Juga mengikut sertakan para UMKM binaannya dalam ajang ajang pameran nasional maupun internasional. Selain individu, pelaku usaha UMKM, PT Pegadaian (Persero) pun aktif membina komunitas komunitas sosial lainnya, seperti bekerja sama dengan masyarakat sekitar dalam mengaktifkan bank sampah, yang mendukung Reduce serta Recycle, guna mendukung tumbuhnya ekosistem masyarakat yang sadar lingkungan hidup sehat.

Dengan menyelaraskan GCG serta mengaktualisasikan ESG pada perusahaan. PT Pegadaian (Persero) tentunya memiliki nilai plus yang luar biasa. Hal ini kiranya sangatlah wajar jika PT Pegadaian (Persero) merupakan satu satunya perusahaan yang memperoleh ijin menjadi Bank Emas Indonesia. Sebagai persero BUMN aktif, PT pegadaian sangat menyadari bahwa penerapan ESG yang berkesinambungan selain penerapan GCG pada perusahaan yang sangat gemilang mampu membawa PT Pegadaian Mancapai masa keemasan.

Bagi Pegadaian sendiri, manfaat dari penerapan ESG adalah, dapat menciptakan keunggulan yang kompetitif, dimana dapat memperkuat daya saing perusahaan BUMN di Indonesia juga pasar global tentunya. Dari segi pembangunan nasional, dengan penerapan ESG ini dapat berkontribusi aktif dalam pembangunan nasional dengan mengurangi emisi karbon hal ini juga mengurangi perubahan iklim yang saat ini membutuhkan perhatian yang serius dari seluruh negara dunia.

Untuk mengakomodir serta mengedukasi atas peran penting hadirnya ESG pada PT Pegadaian saat ini, tak lupa juga diadakan workshop ataupun pelatihan pelatihan untuk mendukung implementasi ESG Perusahaan. Hal ini difungsikan agar pemahaman terhadap penerapan ESG Perusahaan khususnya dapat terakomodir dengan baik pemahamannya di kalangan masyarakat tentunya. Hal ini sangat penting, karena penerapan ESG yang berkesinambungan dapat memberikan multiflier effect yang signifikan, bukan hanya terhadap korporasi, namun terlebih pada masyarakat juga sebagai pelaku bisnis dan dipastikan juga terhadap lingkungan dunia khususnya.

Kini, PT Pegadaian (Persero) yang sudah beroperasi menjalankan usahanya dengan mengandalkan jasa pembiayaan sebagai sandaran bisnis dan juga nirlaba sebagai orientasinya, sudah mengupgrade pemahamannya. Orientasi perusahaan bukan lagi sekedar pencapaian laba profit oriented perusahaan semata, namun juga selalu mengupgrade keberadaan korporasi untuk berbenah menjadi yang terdepan dengan konsen menerapkan dan mengedepankan ESG Perusahaan yang memiliki pilar pilar penting dalam pengaplikasiannya di lapangan. ESG dan GCG diyakini merupakan dua pilar penting perusahaan saat ini. Dimana sisi eksternal dan inyernal menjadi penopang keberhasilan perusahaan dalam bergerak dinamis mencapai tujuan.

  1. Pegadaian (Persero) di bawah pemerintahan Prabowo Subiakto haruslah cukup berbangga hati sehubungan dengan di sematkannya salah satu perusahaan yang mengantongi ijin pada layanan bidang lain yang terkonsentrasi pada emas. Salah satu aspek terpenting dalam perniagaan juga dalam sisi investasi individu maupun korporasi. Bagi negara Indonesia sendiri, Emas digadang dagang mampu menyelaraskan perekonomian dunia yang saat ini sedang tidak menentu. Dengan ketidakpastian tersebutlah maka sebagai kepala negara, Prabowo Subiakto merasa sudah saat nya Indonesia miliki Bank Emas tersebut.

Mengemaskan Indonesia, adalah sinonim yang tepat rasanya untuk juga mengantarkan masyarakat Indonesia untuk bersiap menghadapi resiko ekonomi global yang tidak menentu saat ini. Selain juga mengemaskan Indonesia juga bermakna bahwa, Indonesia selain miliki pasokan emas bagi setiap individu masyarakt nya juga sebagai individu pribadi yang berkelakuan emas.

Miliki budi pekerti luhur, beretika, nilai nilai kesopanan di kedepankan, juga etika beragama di prioritaskan, sehingga saling memahami diatara sesamanya. Sehingga indovidu pun miliki karakter emas yang memukau. Belum lagi jika perusahaan perusahaan yang ada di Indonesia pun seperti emas yang menerapkan GCG dan ESG pada setiap lini aktivasi perusahaan, Sehingga dengan kesadaran inilah bukan hanya kesadaran mengemaskan Indonesia, namun juga dapat kira nya mengemaskan dunia.

Langkah nyata dari PT Pegadaian (Persero) yang sudah mengemaskan perusahaan melalui GCG serta implementasi ESG Perusahaan yang di terapkan, harus terus di dukung tentunya. Perusahaan sangat konsen dalam menjalankan roda bisnisnya, bukan hanya orientasi pada profit oriented semata, namun juga konsen pada keberlangsungan menjaga lingkungan, bukan hanya Indonesia tetapi juga lingkungan dunia. Sudah seyogyanya kita, individu negara Indonesia mendukung Langkah tersebut, agar sepakat dapat berkata Mari #MengEmaskanindonesia. Semoga. IS.

Penulis: Indah Sulihastuti

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x