Galang Pendanaan, GoPlay Perkuat Industri Hiburan

Loading

goodmoneyID – GoPlay, platform video on-demand anak usaha Gojek, hari ini Senin (8/6) mengumumkan penutupan putaran pendanaan independen pertamanya yang dipimpin oleh ZWC Partners dan Golden Gate Ventures, bersama dengan Openspace Ventures, Ideosource Entertainment, dan Redbadge Pacific. Namun tidak disebutkan berapa besaran dana yang diterima Goplay dalam pendanaan ini.

Penggalangan dana independen pertama GoPlay ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap industri hiburan on-demand di Indonesia dan mencerminkan besarnya potensi para kreator konten Indonesia.

Dengan film dan serial lokal yang kini telah menarik semakin banyak penonton di Indonesia, pendanaan baru ini akan mendukung upaya peningkatan teknologi GoPlay. Sehingga memungkinkan lebih banyak lagi sineas Indonesia untuk menunjukkan bakat mereka serta memenuhi permintaan konsumen terhadap konten lokal berkualitas tinggi.

CEO GoPlay Edy Sulistyo mengatakan, para kreator konten Indonesia membutuhkan lebih banyak platform untuk dapat menunjukkan bakat dan karya mereka. Sementara di saat yang sama, semakin banyak pengguna ponsel Indonesia yang menginginkan akses ke lebih banyak konten lokal secara cepat dan mudah.

“Kami bangga bahwa investor dapat melihat misi yang hendak GoPlay capai. Kami bekerja keras untuk membangun teknologi dan menyempurnakan fitur-fitur GoPlay selama setahun terakhir ini. Sehingga, sekarang saatnya untuk merangkul para partner yang memiliki keahlian mendalam di industri untuk memacu pertumbuhan kami,” terang Edy Sulistyo.

Dengan menggabungkan sumber daya, keahlian para partner, dan rekam jejak Gojek di Indonesia, GoPlay berada dalam posisi yang tepat untuk dapat terus mendukung dan menumbuhkan industri kreatif Indonesia, sekaligus menjangkau lebih banyak konsumen dengan konten lokal berkualitas.

“Kami melihat potensi besar yang belum dapat terpenuhi oleh industri bioskop, dan kami bekerja keras untuk dapat menutup kesenjangan antara kebutuhan dan ketersediaan terhadap konten berkualitas melalui teknologi,” imbuh Edy.

Disisi lain, Founding & Managing Partner ZWC Partners Patrick Cheung mengatakan, pihaknya sudah memperhitungkan nilai tambah dari hasil sumbangan dan yang mereka kucurkan.

“Kami sangat senang bahwa Gojek dan GoPlay memperhitungkan nilai tambah yang dapat ZWC Partners berikan dalam pengembangan GoPlay, yaitu sumber daya, jaringan, serta pengetahuan dan pengalaman kami di pasar China. Kami sangat optimis melihat potensi sektor hiburan online yang berkembang pesat di Indonesia,” ujar Patrick.

Sejak diluncurkan pada bulan September 2019 lalu, GoPlay telah memperkuat posisinya sebagai satu-satunya platform video on-demand Indonesia yang menghadirkan konten lokal berkualitas, dengan menjangkau ratusan ribu pengguna ponsel di dalam maupun di luar ekosistem Gojek.

GoPlay menjadi platform bagi pelaku industri film Indonesia untuk memperkenalkan dan mendistribusikan karya-karya mereka ke pasar yang lebih luas, sekaligus memberikan akses eksklusif bagi konsumen ke ratusan film dan serial yang diproduksi secara lokal.

Tampil dalam bentuk icon di aplikasi Gojek, GoPlay dapat diakses dengan berlangganan secara terpisah atau melalui paket program promosi dari beberapa layanan Gojek, seperti GoFood atau GoSend.