Pendapatan GOTO Naik 53% yoy Menjadi Rp 5,2 Triliun di Kuartal I 2022, Begini Lengkapnya

Loading

goodmoneyID – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk atau (GOTO), hari ini Senin (30/5/22) mengumumkan kinerja keuangannya untuk kuartal pertama tahun 2022 dan tahun 2021. Emiten dengan ekosistem digital terbesar di Indonesia ini selama tahun 2021 berhasil mencatatkan pertumbuhan 37% year-on-year untuk jumlah pengguna yang bertransaksi dalam setahun (annual transacting users atau ATU) yang bertransaksi di kedua platform Gojek dan Tokopedia.

GoTo, yang dibentuk melalui kombinasi Gojek dan Tokopedia mengawali tahun 2022 dengan kinerja yang kuat. Di kuartal I tahun 2022 GoTo berhasil mencatat pendapatan bruto Rp5,2 triliun dan GTV sebesar Rp140 triliun. Pendapatan bruto kuartal I 2022 ini tumbuh 53% year-on-year (yoy) lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan bruto kuartal I tahun 2021 yakni sebesar 46%.

Peningkatan efisiensi operasional terlihat pada margin kontribusi dan margin EBITDA yang disesuaikan untuk Q1 tahun 2022 sebesar masing-masing 24 basis poin dan 14 basis poin dibandingkan dengan Q4 2021.

Kinerja yang kuat pada seluruh perusahaan operasional:

On-demand services: Pertumbuhan pendapatan bruto mencapai 58%, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan GTV sebesar 44% year-on-year pada Q1 2022, didorong tingkat pemulihan yang cepat pada sektor mobilitas. Sinergi melalui kolaborasi dengan Tokopedia turut mendorong pertumbuhan.

E-commerce: Pertumbuhan pendapatan bruto mencapai 53%, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan GTV sebesar 28% year-on-year pada Q1 2022, meskipun pada umumnya kuartal pertama adalah periode dengan nilai transaksi yang rendah, dan kuartal keempat adalah periode dengan nilai transaksi yang tinggi.

Financial technology: Jumlah pengguna GoPay dan nilai GTV tercatat paling tinggi. Volume transaksi pada platform (on-platform) tumbuh 200% year-on-year sementara volume transaksi di luar platform (off-platform) tumbuh 74% pada periode yang sama. Pertumbuhan yang kuat dibanding tahun sebelumnya ini disebabkan oleh serangkaian inisiatif produk baru.

Take rate: Grup GoTo di Q1 2021 meningkat dari 3.5% menjadi 3.7% year-on-year, sebagai hasil dari inisiatif monetisasi, peningkatan value added service, peluncuran produk serta layanan premium.

Kedepan GotTo akan Fokus pada sinergi ekosistem untuk mendorong pertumbuhan, monetisasi, dan efisiensi, mencakup:

  • Integrasi GoPay dan produk pembiayaan konsumen ke Tokopedia, sehingga GoPay menjadi
    penyedia jasa pembayaran elektronik terdepan di platform tersebut, mendorong frekuensi
    transaksi, pembelanjaan, dan retensi yang lebih tinggi.
  • Peluncuran sistem poin penghargaan tunggal, GoPay Coins, di seluruh ekosistem, untuk memberi manfaat akuisisi silang konsumen di antara Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial.
  • Peningkatan pengalaman hyperlocal melalui integrasi Tokopedia dan armada logistik on-demand Gojek yang meningkatkan pesanan on-demand dan menurunkan biaya per kilometer untuk pengiriman.