goodmoneyID – Menyambut Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada 4 September 2023, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menegaskan filosofi “Customer First” dalam menjalankan pelayanan yang berkualitas bagi seluruh nasabah tercinta, termasuk untuk inovasi digital.
“Bagi BCA, Hari Pelanggan Nasional bukan saja perayaan untuk mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada pelanggan, tetapi juga momen refleksi bagi kami bahwa seberapa jauh kami dapat mengerti dan memenuhi kebutuhan nasabah. Kami sadar betul bahwa kepercayaan dan loyalitas nasabah BCA adalah faktor penting yang memungkinkan kami untuk tetap melayani selama 66 tahun,” ungkap Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di sela-sela perayaan Hari Pelanggan Nasional di BCA KCU City Tower, Jakarta, Senin (4/9).
Sebagai perbankan nasional, BCA memegang teguh filosofi “Customer First”, yang menjadikan setiap nasabah sebagai fokus perhatian dari layanan yang ditawarkan. Sebagai contoh, beragam inovasi digital yang dilakukan oleh BCA selalu dilakukan dengan tujuan untuk menjawab kebutuhan nasabah yang beragam, baik kebutuhan di masa kini maupun proyeksi kebutuhan nasabah di masa mendatang.
Filosofi “Customer First” ini kemudian menjadi semangat dari lahirnya beragam inovasi digital yang kini sudah banyak dimanfaatkan oleh segenap nasabah. Salah satu best practice adalah diperkenalkannya fitur pembukaan rekening online pada BCA mobile tepat satu tahun sebelum pandemi, dan hingga hari ini masih diandalkan nasabah di era digital ini. Hingga Juni 2023, jumlah rekening nasabah mencapai 37,6 juta, tumbuh 19,4% YoY, utamanya ditopang oleh pembukaan rekening online yang mencapai 66% dari total rekening individu yang dibuka pada semester I 2023.
Selain terus mempertajam fitur aplikasi BCA mobile dan internet banking (KlikBCA), BCA juga memiliki inisiatif digital lainnya seperti aplikasi myBCA sebagai milestone pengembangan aplikasi pelayanan terintegrasi di masa depan.
BCA terus menambahkan sejumlah fitur di myBCA untuk meningkatkan kenyamanan bertransaksi nasabah, di antaranya kontrol kartu debit, kontrol kartu kredit, fitur cardless untuk melakukan tarik dan setor tunai tanpa kartu di ATM BCA, hingga pembayaran tagihan kartu kredit. Inovasi ini memperkaya layanan myBCA setelah sebelumnya BCA mengintegrasikan layanan wealth management melalui fitur (WELMA), serta memperkenalkan beberapa fitur seperti login biometrik, “Bayar dan Isi Ulang”, transfer valas, hingga top up kartu flazz. myBCA dan BCA mobile akan berjalan bersamaan ke depan untuk memberikan solusi komprehensif layanan perbankan bagi nasabah.
Selain layanan digital, BCA menilai kehadiran kantor cabang masih memiliki peran penting dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Tidak seluruh transaksi dapat digantikan sepenuhnya dengan digital, sehingga petugas frontliners, baik yang melayani transaksi hingga satpam, terus dikembangkan untuk memberikan layanan yang paling optimal untuk nasabah. Secara keseluruhan, BCA secara konsisten mengusung konsep “hybrid banking” untuk senantiasa melayani nasabah yang bertumbuh, baik di ekosistem online maupun offline.