goodmoneyID – Selama pandemi diketahui ada peningkatan penggunaan layanan digital, e- commerce, dan pembayaran non-tunai (cashless payment) oleh konsumen di Asia Tenggara.
Lebih dari 43% responden Asia Tenggara membeli lebih banyak barang secara online, 42% lebih masyarakat menggunakan pembayaran non-tunai, dan 29% lebih masyarakat melakukan streaming lebih sering. Data tersebut diambil dari survei Ipsos, perusahaan riset pasar terbesar ketiga di dunia.
Ipsos juga menyebut, di antara negara Asia Tenggara lainnya, Indonesia meningkat 51% dan Singapura 51% dalam porsi masyarakat yang terlibat dalam aktivitas e- commerce.
Platformnya, Shopee paling banyak, yakni 73% dan Tokopedia 68%, mereka menjadi dua e-commerce paling banyak digunakan masyarakat Indonesia untuk berbelanja online selama pandemi dan akan terus digunakan walaupun pandemi sudah berakhir.
Yang mana peringkat ke-4 dan ke-5 diduduki oleh Lazada 42% dan Bukalapak 34% secara berurutan.