goodmoneyID – Pembekalan teori maupun praktik kewirausahaan penting dilakukan untuk kalangan pelajar, khususnya SMK. Sebab, sekolah kejuruan itu memang dirancang untuk memiliki keahlian tertentu agar menjadi tenaga kerja siap pakai.
Namun demikian, sayangnya banyak lulusan SMK yang justru menganggur. Oleh karenanya, dalam Starbucks Creative Youth Entrepreneurship Program 2019 ini sasarannya adalah pelajar SMK. Kegiatan itu dilaksanakan secara serentak di 4 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Denpasar.
“Kita Fokus ke SMK, karena banyak pengangguran dari lulusan SMK, itulah kenapa kita dorong mereka untuk Bikin bisnis,” ujar Jaya Panggabean, Communications Manager Prestasi Junior Indonesia (PJI).
Kerja sama PJI dengan Starbucks bukan kali pertamanya dilakukan. Sebelumnya sudah ada namun dengan program yang berbeda. Dalam kerja sama ini, penyelenggara berharap siswa SMK terbiasa untuk berbisnis mulai dari ide, business plan, produksi sampai tahap marketing.
Program CSR Wirausaha itu diwujudkan dalam acara Market Day sebagai etalase setelah mengikuti bimbingan dan pendampingan teknis. Melalui acara itu diharapkan dapat membuat minat siswa kepada dunia kewirausahaan lebih tinggi. Selain itu, mengedukasi siswa agar kelak siap untuk memulai usaha.