Strategi Mengembangkan Bisnis Melalui Community Development

Loading

goodmoneyID – Dalam mengembangan bisnis diperlukan strategi yang beragam, salah satunya melalui Community Development. Strategi ini sudah mulai banyak dilakukan, namun effectiveness dalam menggunakannya diperlukan evaluasi tersendiri.  Sebut saja Shopee, siapa sih yang tidak mengenal brand yang satu ini? Brand ini sudah masuk ke alam bawah sadar masyarakat, bahwa ketika mereka membeli produk dengan cepat dan mudah secara online, di benak mereka sudah tertanam “Shopee”.  Dan hal ini juga dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk menggunakan ini untuk mempromosikan produk/layanan mereka. 

Shopee juga memiliki Shopee Community yang didalamnya ada Buyer dan Juga Seller, namun bedanya mereka mengembangkan komunitas ini, setelah mereka terdaftar di platform, bukan dengan membuka Komunitas dulu lalu menawarkan layanannya. Dan hal itu terbukti efektif, karena cara ini dapat menjalin kedekatan dan loyalitas kepada brand, dengan membuat program-program khusus seperti Award, dll. 

Ada beberapa cara dalam mengembangkan bisnis melalui Community Development ;

  • Membuat Komunitas Bisnis 

Anda bisa membuat Komunitas/Forum Bisnis Anda dengan membuka Opportunity sebagai sales, affiliate, dll dengan menawarkan program unggulan dan benefit special untuk mereka. 

  • Membuka Komunitas Edukasi

Memberikan Kelas Gratis untuk memberikan keilmuan sebagai ajang pengenalan brand Anda. lalu selling-selling kemudian. 

  • Mengembangkan Komunitas Customer

Anda memiliki pelanggan, layani mereka dengan memberikan program menarik, dan tawarkan mereka sebagai tim pemasar bisnis Anda juga bisa dilakukan. 

Kedekatan Anda dengan para Customer sangat dibutuhkan, bahkan bukan sekedar Anda menawarkan Produk/Layanan Anda, tapi Anda bisa memberikan beberapa beberapa treatment untuk mereka seperti; 

  1. Mengucapkan Ulang Tahun
  2. Hadiah Ulang Tahun, bisa berupa Diskon, Merchandise dll
  3. Rewards untuk Pengguna Layanan/Produk Terbanyak 
  4. Rewards untuk pelanggan yang setia mengikuti kegiatan bisnis Anda
  5. Awarding untuk Pelanggan, Tim Sales/Affiliate, dengan Kategori Best performance 
  6. Media Release, mengundang untuk Berbagi Inspirasi sebagai Pelanggan Anda / member Komunitas Anda yang loyal, bisa berupa podcast, IG Live, koran elektronik dll
  7. Gala Dinner, mengundang Pelanggan atau Member Loyal untuk Table Talk bersama Anda, meminta masukan, saran, kritik untuk pengembangan bisnis Anda

Strategi ini merupakan strategi Low Cost Marketing, dibanding Anda harus mengeluarkan biaya untuk Iklan di media online atau offline, yang mana ini diperlukan analisa terhadap media, pengikut dll.  Hal ini dapat Anda lakukan terutama bagi yang memiliki modal yang terbatas, cara ini dapat meningkatkan Brand Reputation, Awareness & Activation. 

Namun, strategi ini tetap harus dilakukan secara rutin dan berkesinambungan sebagai upaya “Customer Retention” agar mereka tidak lupa dengan produk/layanan Anda, jangan jadikan cara ini sebagai cara sewaktu-waktu karena pelanggan atau member kita akan hilang secara perlahan dan mencari brand lain. 

Selain itu, Inovasi produk/layanan  tetap harus dilakukan secara berkelanjutan, untuk meminimalisir kejenuhan pada produk/layanan Anda, bukan sekedar penentuan USP (Unique Selling Point) nya saja, namun harus berdasarkan Need, Market, Product/Service, Competitor Analysis tetap harus dilakukan,

Sehingga apabila strategi ini dapat dilakukan dengan terukur, mereka bukan sekedar pelanggan atau member komunitas kita, melainkan Brand Ambassador kita, yang sering dan sudah tertanam dalam dirinya untuk mempromosikan bahkan turut mempopulerkan bisnis Anda tanpa harus terlalu banyak gimmick yang kita berikan, the key is emotional engagement in growing it. 

Oleh:
By Reni Fitriani, QWP, CBC, CPMM, CMFC (Founder & CEO Superkey Group, MBA in Tech-President University)