15 Desember 2020, Yahoo Bakal Tutup Permanen

Foto: ilustrasi Yahoo (Sumber: Pixabay)

goodmoneyID – Yahoo Groups dikabarkan bakal tutup permanen pada 15 Desember 2020. Perusahaan milik Verizon tersebut mengatakan bahwa produknya tidak lagi sesuai dengan strategi jangka panjangnya karena perusahaan sedang fokus pada area bisnis lainnya.

“Yahoo Groups telah mengalami penurunan pengguna sangat tajam selama beberapa tahun terakhir,” kata Yahoo dalam pernyataan resminya, Rabu (14/10).

Perusahaan yang sudah berusia 19 tahun ini mengalami perubahan yang tidak pernah dialaminya sebelumnya di seluruh properti bisnis milikinya.

Setelah ditutup, nantinya pengguna Yahoo tidak lagi dapat membuat grup baru mulai 15 Desember 2020. Serta para pengguna juga tidak akan bisa lagi mengirim atau menerima email dari Yahoo Groups. “Situs web tidak lagi dapat diakses,” tertulis dalam keterangan Verizon.

Jika pengguna mencoba mengirim email setelah dimatikan, pesan tidak akan dikirim dan mereka akan menerima pemberitahuan kegagalan. Namun, email yang dikirim dan diterima sebelumnya tidak akan dihapus, dan akan tetap ada di email pengguna.

Namun, saat ini yahoo masih memiliki koneksi grup, Yahoo merekomendasikan beberapa situs seperti Grup Facebook, Grup Google dan Groups.io, yang menawarkan fungsi berbayar untuk mengekspor anggota dari grup Yahoo. Hanya admin grup Yahoo yang dapat mengunduh daftar lengkap alamat email anggota grup.

Menurut Verizon, sejak Selasa (13/10) kemarin, pengguna Yahoo Grup bahkan tidak dapat membuat grup baru lagi. Hanya fungsi email yang masih dibiarkan aktif, namun itu juga akan berakhir pada 15 Desember 2020, saat Verizon benar benar menutup semua infrastruktur Yahoo grup, dan mengakhiri era bagi banyak pengguna internet di awal booming internet.

Verizon menyarankan untuk para pengguna sebelum tanggal tutup, para pengguna untuk menghapus akun mereka dan pindah ke platform lain, sebelum email mulai tak aktif.