3 Alasan Pentingnya Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Sejak Dini  

Foto: Ibu Menciptakan Percakapan mengenai Gadget bersama Anak (sumber: Freepik.com)

goodmoneyID – Tahun ajaran baru biasanya akan dimulai setiap bulan Juli. Bahkan, persiapan menyambut tahun ajaran baru ini sudah dimulai beberapa bulan sebelumnya. Persiapan tersebut mulai dari mencari sekolah yang diinginkan, proses pendaftaran, membeli peralatan sekolah, yang semuanya membutuhkan biaya yang harus dipersiapkan oleh orang tua.

Di bawah ini adalah salah satu contoh biaya Sekolah Dasar (SD) di Jakarta yang bisa kamu jadikan gambaran. Dari rincian tersebut, orang tua bisa memperkirakan berapa besar yang harus dikeluarkan saat anak masuk SD.

Berdasarkan daftar biaya-biaya di atas, jadi terlihat kan kalau jumlah dana pendidikan anak tidak sedikit dan orang tua lebih baik mempersiapkannya sejak awal. Nah, nggak hanya biaya yang besar, berikut 3 alasan kenapa kamu harus menyiapkan dana pendidikan tersebut!

Inflasi Dana Pendidikan 

Berdasarkan catatan dari beberapa sumber, rata-rata uang pangkal sekolah di Indonesia naik mencapai 10-20% per tahun. Padahal, nggak cuma uang pangkal, biaya-biaya lainnya juga akan menyesuaikan.

Jika uang pangkal tahun ini Rp 13 juta dengan asumsi kenaikan sebesar 10%, maka kenaikan  uang pangkal di tahun berikutnya menjadi sekitar Rp 14,3 juta. Bahkan 5 tahun lagi menjadi lebih dari Rp 20 juta. Kebayang kan berapa besar kenaikan uang pangkal setiap tahunnya? Dari penjelasan ini, orang tua sebaiknya mulai merencanakan berapa budget yang harus disiapkan agar siap secara finansial saat anak mulai bersekolah.

Untuk Masa Depan Anak yang Lebih Baik 

Menyiapkan dana pendidikan merupakan tanggung jawab orang tua agar anak-anak bisa memperoleh akses pendidikan yang lebih baik. Apalagi, pendidikan bagi seorang anak merupakan timeline jangka panjang. Sebagai orang tua, tentunya kita berharap bisa memberikan pendidikan yang terbaik tanpa pusing memikirkan biayanya.

Dengan menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini, diharapkan tidak ada lagi kesulitan/kekurangan biaya saat anak-anak memulai pendidikannya. Sebaliknya, orang tua dan anak bisa leluasa memilih sekolah mana yang ingin dituju berdasarkan budget yang sudah dikumpulkan.

Tidak Perlu Berutang

Manfaat lain menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini adalah menghindari utang. Supaya bisa memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya, orang tua akan melakukan apapun, salah satunya berutang. Baik itu ke saudara, teman, bank, hingga yang seharusnya dihindari yaitu pinjaman online ilegal.

Supaya hal ini nggak terjadi, akan lebih baik jika “mencicil” dana pendidikan sejak dini. Semakin cepat menyiapkan dana pendidikan, semakin ringan nominal yang harus disisihkan setiap bulannya untuk mencapai tujuan keuangan yaitu dana pendidikan anak.