5 Agency KPop Terkaya Di Korsel Tahun 2020

Foto: BTS (seoulz.com)

goodmoneyID – K-pop merupakan paduan musik elektronik, hip-hop, pop, rock, R&B, hingga rap. Saat ini, K-pop telah menjadi industri global, kapitalisasi pasarnya mencapai USD5 miliar. Dalam dekade terakhir, Industri ini mulai menyasar pasar di Asia hingga Amerika Serikat.

Saat ini perusahaan KPop yang terdaftar di KOSDAQ antara lain (SM Entertainment, YG Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, dan CUBE Entertainment). Mengutip Seoulz.com. Berikut daftar 5 Kpop Agency (Perusahaan KPop) terkaya saat ini, dilihat berdasarkan Daftar member, Kapitalisasi pasar, dan Media sosial.

  1. Big Hit Entertainment

Sebelumnya selama beberapa dekade terakhir, Posisi puncak agency KPop dipimpin oleh SM Entertainment dan YG Entertainment. Namun sejak kemunculan Bit Hit Entertainment, dan beberapa skandal yang menimpa YG pada 2018, Posisinya digeser Big Hit, lalu JYP dan SM sekarang berjuang untuk mendapatkan tempat kedua.

Perusahaan yang dipimpin oleh Yoon Seok-jun ini sukses dan bangkit dari keterpurukan disebabkan oleh hadirnya BTS. BTS adalah singkatan dari Bangtan Sonyeondan yang diterjemahkan menjadi Bulletproof Boy Scouts. BTS telah menjual jutaan album, dan video YouTube mereka adalah Video Kpop yang paling banyak ditonton di Youtube.

Saat ini Artis asuhan Big Hit antara lain, BTS, TXT, TOMORROW X TOGETHER.

Perkiraan Kapitalisasi Pasar Big Hit mencapai USD1,8 Miliar, sedangkan Sosial media mereka di YouTube memiliki 31,8 Juta subscriber, Facebook 9,7 Juta,Twitter 12,5 Juta, dan Pengikut Instagram mencapai 22,1 Juta.

  1. JYP Entertainment

JYP didirikan pada tahun 1997 oleh J.Y. Park, salah satu artis legendaris Korea tahun 90an. Perusahaan ini telah dikenal karena membuat karir legenda K-pop seperti Wonder Girls, Rain, dan Miss A.

YouTube mereka memiliki lebih dari 12 juta pelanggan. Anak asuhnya saat ini yang paling terkenal ialah TWICE, girl band ini memiliki lebih dari 3,5 juta pengikut di Twitter dan Instagram. JYP banyak berfokus pada Jepang. Twice menjadi Gril band paling diminati di Jepang.

JYP Entertainment memiliki Artis yakni, 2PM, TWICE, GOT7, DAY6, 15&, Stray Kids, JJ Project, Jus2, 3Racha, ITZY, J.Y. Park, and Yubin.

Adapun Perkiraan Kapitalisasi Pasar JYP mencapai USD1 Miliar, sementara YouTubenya memiliki 14,7 Juta subscriber,  Facebook 2,4 Juta, Twitter 3,9 Juta dan Instagram 3,6 Juta pengikut.

  1. SM Entertainment

SM saat ini sedang berjuang melawan JYP untuk posisi ke-2. berbeda dengan JYP SM justru fokus pada pasar Cina. Setelah mendapatkan investasi dari Alibaba dan sekarang Tencent, popularitas mereka semakin melejit di Cina. Bahkan 90% subscribed Youtubenya SM berasal bukan dari Korea.

Kemitraan strategis mereka dengan Tencent Music Entertainment akan membantu distribusi dan pemasaran SM Entertainment di pasar musik Cina. SM bahkan menciptakan boyband yang berasal dari Cina bernama WayV.

Penjualan platform musik dan video SM telah tumbuh hampir 50% dari tahun lalu. Tayangan YouTube tahunan SM telah mencapai hampir di bawah 8 miliar pada akhir 2018. Grup K-pop wanita top mereka saat ini adalah Red Velvet yang sedang melakukan tur solo pertama mereka di Amerika Serikat. Grup K-pop pria top mereka masih EXO dan Super Junior kedua melakukan tur keliling Amerika Selatan. Bahkan SM berencana untuk membuat Girl’s Generation versi Amerika serta NCT versi Eropa.

Perusahaan yang dipimpin oleh Lee Soo-man ini memiliki Artis antara lain, SES, TVXQ, Generasi Gadis, Super Junior, Shinee, f (x), EXO, Red Velvet, NCT, BoA, Kangta, J-Min, Minggu, Taemin, Dana, Amber, Taeyeon, Luna, Victoria, Lay, Yoona, Yuri, Kunci, Onew, Chen, U-Know, Sulli, Baekyun.

Adapun Perkiraan Kapitalisasi Pasar mencapai Rp950 Juta, dan YouTube mereka telah meliki 21,3 Juta subscriber, Pengikut Facebook 5,7 Juta, Twitter 8,1 Juta, dan Instagram 8,5 Juta.

  1. YG Entertainment

Dalam beberapa dekade terakhir YG Entertainment adalah agency yang tak terkalahkan di Industri Kpop. Namun scandal yang menimpanya pada tahun 2018 meluluh lantahkan perusahaan ini.

Pada tahun 2016, LVMH menginvestasikan USD80 ke YG Entertainment dan raksasa media sosial China Tencent dan perusahaan tiket online Weiying Technology setuju untuk menginvestasikan USD 85 juta ke YG Entertainment.

Weiying memiliki 8,2% YG dan Tencent memiliki 4,5%. Mereka juga mendapat kemitraan / investasi besar dari Naver, portal internet terbesar Korea Selatan sekitar USD90 juta setara 9% total saham YG.

Kini mereka mencoba bangkit lewat BlackPink, salah satu artis yang diasuh Hwang Bo Kyung. BlackPink di gadang-gadang bakal membawa YG kembali menduduki posisi pertama di deretan agency top Korea.

Adapun Artis yang di bawha naungan YG Entertainment yakni:  Jinusean, Sechs Kies, Big Bang, Akdong Musician, Winner, iKon, BLACKPINK, Treasure, Hi Suhyun, MOBB, Treasure, Magnum, Eun Ji-won, G-Dragon, T.O.P., Taeyang, D-Lite, CL, Dara, Lee Hi, Yoon, Mino, Jinu, Bobby, and Jennie.

Kini Perkiraan Kapitalisasi Pasar YG mencapai USD500 Juta, sSubsciber YouTube mencapai 5,0 Juta, Pengikut Facebook: 3,7 Juta, Twitter: 5,7 Juta dan Instagram: 694.000.

  1. Stone Music Entertainment

Stone Music Entertainment merupakan perusahaan swasta di bawah naungan CJ ENM. CJ ENM adalah salah satu perusahaan penerbit terbesar di Korea Selatan. Mereka tidak hanya label rekaman, tetapi juga agensi bakat dan perusahaan produksi musik. Mereka mendirikan label eksklusif mereka sendiri, Off The Record Entertainment untuk mengelola pemenang dari program penyanyi Korea populer Produce 48.

Dua artis andalan mereka saat ini adalah IZ*ONE dan Fromis_9. IZ*ONE memiliki penggemar terbanyak di Jepang setelah Twice. Mereka melakukan debut Jepang mereka di Tokyo Dome City Hall. Video musik mereka Suki to Iwasetai mendapat lebih dari 5 juta penonton di YouTube dalam waktu kurang dari seminggu.

Stone Music Entertainment memiliki  Artis antara lain, Off the Record Entertainment (IZ*ONE and Fromis_9), MMO Entertainment (Kim Feel, IN2IT, and Son Ho-young), LM Entertainment (Yoon Ji-sung), Studio Blu (Heize, DAVII, $ammy, Truedy, and Mia), Swing Entertainment (X1 and Kim Jae-hwan)

Saat ini Perkiraan Kapitalisasi Pasar Stone music entertainment mencapai USD300 Juta. Sementara itu jumlah subcriber di youtube mencapai Youtube: 7,7 juta, Pengikut Facebook 557.000, Twitter 98.600 dan Instagram 33.700.