6 Tips Bersepeda Bagi Pemula

Foto: Pexels

goodmoneyID – Bersepeda menjadi hobi yang sangat diminati sebagian masyarakat Indonesia. Di story media sosial, sering kali ditemui update aktivitas bersepeda.

Mengapa bersepeda saat ini banyak digandrungi masyarakat?

Menurut para ahli, bersepeda/goes adalah jenis olah raga yang termasuk paling aman untuk dilakukan ketika pandemi seperti sekarang. Sebab, goes memungkinkan untuk jaga jarak antara satu dan yang lain. Lalu, goes juga membantu mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.

Untuk yang ingin memulai gowes, ada beberapa tips yang dapat dilakukan, agar pengalaman gowes bisa menyenangkan.

  1. Ikuti Peraturan Lalu Lintas

Meskipun bukan kendaraan bermotor, bersepeda juga harus taat pada aturan pengguna jalan. Misal, tetap berada di jalur sepeda, taat lampu lalu lintas, dan memberi tanda jika ingin berbelok menggunakan tangan.

  1. Jaga Jarak

Jika sedang gowes bersama, pastikan ada jarak sekitar satu atau satu setengah meter antara pesepeda. bisa dengan formasi satu baris. Jangan berjejer, karena dapat menggangu pengguna jalan lainnya.

  1. Beri TandaKetika Berubah Posisi

Saat bersepeda, jangan tiba-tiba berbelok atau menlewati jalan ketika lampu lalu lintas masih berwarna hijau. Sabar, dan pastikan selalu memberikan tanda dengan menggunakan tangan, memberi isyarat pada pengendara lain.

  1. Safety First, GunakanHelm

Meski menggunakan sepeda, bukan berarti tak wajib memakai helm. Helm penting untuk melindungi kepala. Selain itu, pastikan juga sudah memiliki tempat khusus untuk menyimpan barang-barang, seperi minuman dan handphone. Agar tangan tetap fokus pada kemudi.

  1. Gunakan Pakaian Nyaman

Jangan terlalu mementingkan fashion, jika tak nyaman dengan apa yang dipakai ketika gowes. Gunakan outfit yang membuat tubuh leluasa bergerak saat bersepeda.

  1. Gembok Sepeda

Ini bisa jadi pengaman ketika berhenti. Gembok sepeda agar merasa aman saat sepeda ditinggal untuk sementara waktu.