6 Tips Kelola Keuangan Saat Masa Krisis

goodmoneyID –  Pandemi Covid-19 memberi pelajaran berharga bagi kita semua, salah satunya bagaimana seseorang bisa mengelola keuangan dengan hati-hati. Perlu diketahui, pemerintah Indonesia juga telah melakukan berbagai cara membantu warganya untuk bertahan saat masa krisis.

Untuk itu, goodmoneyID telah merangkum 6 tips, bagaimana mengelola keuangan saat masa krisis Pandemi Covid -19.

1. Cari tahu tentang dana bantuan/subsidi dari pemerintah

Anda bisa menggunakan program Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial. Selain itu, Program Kartu Prakerja juga sangat tepat untuk dimanfaatkan. Sebagai informasi pendaftaran program prakerja yang ke-6 baru dibuka kembali.

2. Cek cicilan atau hutang

Jika anda masih memiliki cicilan yang memberatkan dan bingung bagaimana membayarnya, silahkan cek kembali bank anda. Di masa pandemi seperti sekarang, pemerintah lewat OJK sudah meminta pihak kreditur/bank untuk memberikan relaksasi cicilan pada masyarakat yang kerjaannya terdampak Covid-19.

3. Kurangi pengeluaran

Untuk sekarang, lebih baik simpan dahulu isi dompet anda, jangan gunakan uang untuk pengeluaran selain kebutuhan pokok. Anda tetap bisa berbelanja tapi lebih baik carilah promo atau semacam voucher gratis di berbagai e-commerce. Ini bertujuan agar dompet tidak terkuras dan hidup dengan berhemat.

4. Tracking budget

Ini yang kadang seseorang lupa. Track semua pengeluaran dari yang kecil sampai paling besar, kalau perlu buat spreadsheet (tulis kembali) tentang keuangan anda. Dengan begiti, anda jadi lebih aware dan tahu kemana larinya uang anda.

5. Jauhi dana pensiun

Jika anda mempunyai dana pensiun, jangan tarik dana tersebut untuk membiayai living cost saat ini. Sesuai namanya, dana ini jika bisa hanya boleh digunakan saat anda benar-benar pensiun saja.

6. Ketahui apa harus dibayar

Hal-hal penting seperti dana darurat kesehatan, premi asuransi, pembayaran minimum cicilan, adalah pengeluaran yang harus tetap lancar pembayarannya.