7 Jenis Pekerjaan Masa Kini, Siap Siap Dikira Pesugihan

Foto: (Pexels)

goodmoneyID – Zaman kita dengan zaman orang tua kita telah jauh berbeda, demikian pula dengan jenis pekerjaan yang beredar. Jika dulu pekerjaan mungkin lebih memmbutuhkan tenaga yang besar, kini diera modern yang serba digital pekerjaan barupun muncul menyesuaikan dengan keadaan masa kini.

Sebut saja seperti youtuber atau konten creator? yang muncul akibat perubahan zaman. Hal ini yang kadang memunculkan prasangka yang tidak tidak dari tetangga kita, yang menyangka kita pengangguran, padahal nyatanya kerjaan kita memang di lakukan di rumah. goodmoneyID telah merangkum 7 pekerjaan masa kini yang bisa kamu lakukan bahkan cukup dari rumah saja. Berikut pekerjaan tersebut:

  1. Kerja freelance

Menjadi freelancer bisa jadi salah satu opsi menarik sebagai cara menghasilkan uang lewat internet. Ada beberapa situs web yang menawarkan pekerjaan lepas untuk orang-orang dengan berbagai keterampilan. Biasanya dikenal dengan istilah freelancer marketplace

Yang perlu kamu lakukan di situs ini hanyalah membuat akun, melengkapi identitas diri, mengunggah portofolio sesuai keahlianmu, dan melamar tugas yang sesuai. Jika kamu dianggap memenuhi syarat, maka klien yang tertarik akan menghubungimu. Nantinya, kamu akan dibayar setelah berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan dan telah disetujui oleh klien.

Siap-siap saja, karena akan ada kemungkinan klien minta revisi pekerjaan beberapa kali. Tentunya, hal seperti ini tak masalah kan? Kamu bisa menawarkan jasa menulis konten, membuat desain, sampai menjadi virtual assistant.

2. Online Shop

Di tahun 2005, sistem bisnis lewat daring ini mulai menjamur. Lewat Facebook, orang-orang memasarkan produk lewat postingan. Bahkan, kalau sudah punya website bisnis sendiri saja bisa dibilang kemewahan saat itu. Perkembangan teknologi membuat sistem penjualan online ini kini lebih mudah diakses. Semakin banyak peluang untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas, ini juga bisa jadi opsi menghasilkan uang lewat internet yang menarik.

Selain menggunakan media sosial, kamu bisa memasarkan produk di marketplace, atau kamu bisa membuat situs e-commerce sendiri. Ada 3 sistem penjualan yang populer belakangan ini. Membuat produk dan merek sendiri. Sistem ini cukup sangat menguntungkan tapi effort yang dikeluarkan pun harus lebih besar.

Menjadi dropshipper, yang dapat membantumu jika kamu belum memiliki modal yang cukup untuk membuka bisnis. Tanpa perlu menyediakan stok produk untuk dipasarkan, kamu bisa jualan ke mana saja, dengan cara apa saja. Nantinya, kalau ada pesanan, kamu tinggal order ke produsen, dan mereka akan mengirimkannya atas namamu.

Menarik kan? Reseller, yang mewajibkan kamu memiliki kesediaan stok meskipun bukan produk sendiri. Juallah produk yang sedang laku di pasaran. Keuntungan reseller didapat dari selisih harga jual dengan harga asli.

3. Gamers & Streamer Online

Semakin berkembangnya berbagai platform dunia maya berefek pada meningkatnya produksi konten. Pun semakin beragam pula jenisnya. Konten bisa jadi “komoditi” jika kamu memang piawai dalam mengolahnya, dan bisa jadi punya nilai jual tinggi.

Beberapa yang mungkin dapat kamu coba untuk menghasilkan uang lewat internet dengan cara ini misalnya menjadi streamer game pada platform media sosial. Apalagi kini industri game di Indonesia sedang naik daun, sebut saja seperti game Mobile Legend, Free Fire dan & PUBG.

Tapi tak hanya game itu yang bisa kamu pilih, game game jadul pun seru sepertinya jika kamu ulas, Tapi sesuaikan juga dengan kemampuan yang kamu miliki dan alat yang kamu punya.

4. Online Course

Sejak pandemi, platform kelas online jadi bermunculan di mana-mana. Secara khusus, berbagai kelas ini bisa diambil oleh siapa saja untuk meningkatkan keahlian yang sesuai minat. Biasanya sih terkait profesi, keterampilan kerja, hingga pengembangan diri. Belakangan pun banyak kelas olahraga online seperti yoga, zumba, dan lainnya.

Mengapa kelas seperti ini diminati selama pandemi? Karena orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Ke depannya, kalau pandemi sudah usai, apakah kelas-kelas seperti ini lantas berkurang peminatnya? Sepertinya sih enggak ya, tetap ada yang meminati, tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan yang ada saat itu. Kamu juga bisa ikut memanfaatkan munculnya kebutuhan baru ini. Gunakan peluang ini berdasarkan keahlian yang kamu miliki.

Kalau kamu belum merasa sanggup mengelola kelas online, kamu bisa menjadi fasilitator. Ajaklah seseorang yang sudah profesional dan terpercaya untuk bekerja sama.

5. Menjual Digital Products

Kebutuhan semakin banyak, sekarang tak hanya terbatas pada kebutuhan fisik. Kebutuhan digital pun banyak sekali muncul Kalau kamu punya aset dan bisa memproduksinya, mengapa tak dimanfaatkan juga? Menjual digital products seperti ini bisa jadi pilihan sebagai cara menghasilkan uang lewat internet yang legit loh.

Digital products yang bisa dijual ini misalnya ebook, hasil fotografi, desain web, atau produk desain grafis lainnya. 6. Virtual Assistant Mungkin kamu tidak asing dengan profesi ini. Namun, masih belum paham seperti apa cara kerjanya? Prinsipnya, job desc dari profesi ini sebagai asisten tetapi semuanya dilakukan secara virtual.

Biasanya yang membutuhkan jasa ini adalah influencer, blogger, pemilik bisnis, dan lainnya. Tugasnya seperti asisten pada umumnya; melakukan riset, data entry, menyiapkan laporan, atau memesan tiket perjalanan secara online.

7. Admin Media Sosial

Nah, yang satu ini juga bisa jadi pilihan cara menghasilkan uang lewat internet. Nyatanya, sekarang banyak banget yang juga menjalani profesi ini, dan akhirnya menjadi pekerjaan utama. Biasanya, yang butuh admin media sosial ini adalah online shop, perusahaan-perusahaan, atau instansi-instansi pemerintah. Memang kadang kamu harus jeli menemukan peluangnya.

Tapi lowongan pekerjaannya juga sering muncul kok di mana-mana. Platform media sosial yang digarap juga beragam, mulai dari Facebook sampai TikTok. Tergantung pasar si akun. Nah, itu dia 7 cara menghasilkan uang lewat internet. Harus pakai modal ya? Ya, setidaknya, kamu sudah harus punya smartphone dan kuota. Yang lain, kamu bisa akalin sambil jalan. Semoga bisa memberimu inspirasi untuk mencari penghasilan ya.