Survei Tom Tom: Peringkat Kemacetan Jakarta Semakin Turun

Loading

goodmoneyID – Tom Tom Traffic Index 2019 yang dirilis oleh produsen GPS, Tom Tom International BV, menyebutkan Jakarta berada di posisi ke 10 kota termacet sedunia. Survei ini  meliputi 416 kota dari 57 negara di dunia.

Pada tahun sebelumnya dari lembaga yang sama, Jakarta menempati peringkat ketujuh kota termacet di dunia. Tingkat kemacetannya sebesar 53% atau turun 7% dari 2017. Dalam indeks ini, semakin turun peringkatnya maka artinya semakin lancar lalulintas di kota tersebut.

Posisi 5 besar kota termacet di dunia dikuasai oleh India. Peringkat pertama disandang Bengaluru India, disusul Manila Filipina dan Bogota Kolombia. Peringkat empat dan lima masing-masing ditempati Mumbai India dan Pune India.

Semakin baiknya penanganan  lalu lintas di Jakarta tidak lepas dari upaya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Salah satunya adalah integrasi angkutan umum seperti Transjakarta dan MRT serta Commuter Line.

Pada 2019, jumlah pengguna Transjakarta mencapai 800.000 penumpang per hari atau secara akumulatif mencapai 263 juta pengguna. Jumlah itu melonjak 40% dibanding 2018 sebanyak 180 juta pengguna.