Ketahui Bisnis Dengan Skema V, U, & L

Loading

goodmoneyID – CEO Citibank Indonesia, Batara Sianturi mengatakan pentingnya mengetahui seberapa kuat bisnis ketika diterjang pandemi Covid-19. Batara mencontohkan dengan skema V, U & L.

“Setiap sektor punya probabilitas masing-masing. Pertama dia kena imbas turun karena pandemi, tapi dia juga cepat naiknya, artinya itu masuk kategori V recovery,” ujar Batara Sianturi, dalam webinar Cerita WOW Maharani Indonesia bertajuk “Optimis Ditengah Krisis Untuk Indonesia” Jumat (21/8).

Kedua, sektor yang turun kemudian lama naiknya tapi masih ada harapan untuk kembali naik, itu masuk dalam kategori U recovery.

“Tidak secepat V, ini U turun kemudian lama lalu naik lagi,” imbuh Batara.

Terparah yaitu sektor yang masuk dalam kategori L, sebab kategori ini ketika sudah turun, membutuhan waktu yang sangat lama untuk naik ke atas, dan tak bisa ditentukan waktunya.

“Kita harus melihat kita di sektor mana, kita lihat nih UMKM atau bisnis kita V, U atau L,” terangnya.

Perlambatan ekonomi merupakan soal akumulasi dari performa setiap sektor, pertumbuhan minus 5% belum tentu sangat buruk bila melihat dari tiap sektornya.

“Kembali lagi ke sektor masing-masing dimana kita berkarya. Ya mungkin kita kena imbasnya dari suppliernya, makanya produksi kita menurun,” tutup Batara.