Kuartal 1 2021, Pendapatan DMMX Tumbuh 112,0%, Laba Bersih Tumbuh 16,5,%

Loading

goodmoneyID – PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) torehkan kinerja positif pada kuartal awal tahun 2021. Pendapatan DMMX tumbuh 112,0% yoy menjadi Rp 180,7 miliar dengan kenaikan laba bersih 16,5% menjadi Rp10,3 miliar.

Manajemen DMMX  menyebut, pertumbuhan ini sebagian besar didorong oleh ekspansi yang kokoh dari segmen cloud advertising dan trade marketing.

Segmen digital cloud advertising DMMX (Managed Service dan Infrastructure-as-a-Service) menghasilkan pertumbuhan top-line sebesar 61,3% YoY menjadi Rp10,2 miliar pada 1Q21, sebagian besar disebabkan oleh aktivitas pemasangan layar yang sehat.

Pendapatan segmen trade marketing tumbuh 127,4% YoY mencapai Rp140,0 miliar di 1Q21, didukung oleh peningkatan 76,9% YoY dalam jumlah anggota outlet Pojok Bayar menjadi 93.501 pada akhir Maret 2021.

Laba kotor 1Q21 dan laba usaha tumbuh 24,8% dan 31,2% YoY masing-masing menjadi
Rp13,6 miliar dan Rp6,9 miliar, seiring dengan ekspansi top-line yang kuat.

Margin laba kotor 1Q21 turun menjadi 7,5% (vs 9,3% di FY20) sebagian besar disebabkan oleh melemahnya sentimen ritel, terkait dengan krisis kesehatan masyarakat global yang sedang berlangsung, yang juga menyeret turun anggaran pemasaran klien.

Margin laba operasional mencapai 3,7% di 1Q21 (vs 4,9% di FY20), didukung oleh peningkatan rasio beban usaha terhadap pendapatan dari 4,4% di FY20 menjadi 3,8% di 1Q21.

Laba bersih yang dapat diatribusikan pada 1Q21 tumbuh bersamaan sebesar 16,5% YoY
menjadi Rp10,3 miliar, sebagian besar didorong oleh ekspansi organik dan evolusi operasi

DMMX. DMMX mempertahankan posisi keuangan yang gesit dengan posisi kas bersih sebesar Rp165,0 miliar per akhir Maret 2021, menyisakan banyak ruang untuk membiayai upaya ekspansi jaringan titik iklan lanjutan dan pengembangan bisnis konten digital.