Kembangkan Layanan Marketplace untuk Asuransi Mikro, Surge Bidik Pasar Kelas Menengah dan UMKM

Loading

goodmoneyID – PT Solusi Sinergi Digital Tbk. (WIFI) atau Surge kini tengah fokus mengembangkan layanan asuransi mikro melalui Asuransi Kita, marketplace asuransi yang mengkurasi beragam produk asuransi dengan manfaat terlengkap yang disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan pengguna. Pengembangan layanan ini lahir dari komitmen perseroan untuk membantu penetrasi asuransi yang masih rendah di kalangan masyarakat menengah, berpenghasilan rendah serta pelaku UMKM yang sekaligus menjadi pasar potensial untuk dijajaki lebih lanjut.

Sejak diperkenalkan setahun yang lalu, tepatnya April tahun 2020 Asuransi Kita telah memiliki pengguna aktif hingga lebih dari 80.000 yang sebagian besar terdiri dari pegawai swasta, komunitas hobi, profesional. Asuransi Kita menghadirkan tujuh (7) manfaat perlindungan bagi pengguna, mulai dari perlindungan kecelakaan, kesehatan, jiwa, perjalanan, kendaraan, olahraga dan rumah.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan per 31 Agustus 2020, penetrasi asuransi di Indonesia masih terbilang rendah yakni di kisaran angka 2,92 persen. Dari hasil pengamatan Asuransi Kita, penetrasi layanan asuransi masih belum menyentuh semua lapisan masyarakat, terutama mereka yang berpenghasilan rendah dan juga pelaku UMKM. Kurangnya edukasi mengenai manfaat perlindungan asuransi serta platform asuransi digital yang bisa digunakan dengan mudah dan terjangkau masih menjadi hambatan utama.

CEO Surge Hermansjah Haryono mengatakan Asuransi Kita hadirkan sebagai solusi perlindungan terkurasi yang disesuaikan dengan kebutuhan perlindungan masyarakat dengan berbagai kemudahan.

“Pertama, platformnya sangat mudah digunakan karena telah terintegrasi dengan semua layanan aplikasi dan periklanan dalam ekosistem Surge yang memiliki potensi untuk menjangkau populasi audience lebih dari 100 juta orang per hari. Kedua, biaya premi sangat terjangkau mulai dari Rp5.000 dengan berbagai pilihan perlindungan sekaligus yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Ketiga, fleksibilitas pemilihan rentang waktu perlindungan bagi pengguna mulai dari harian. Dengan berbagai kemudahan ini, kami harapkan akan semakin banyak lapisan masyarakat yang bisa dijangkau dan terlindungi,” jelas Hermansjah, dalam rilisnya, Kamis (24/6).

Pengguna dapat dengan mudah mengakses layanan asuransi melalui halaman website Asuransi Kita. Selain itu, akses lainnya juga bisa ditemukan melalui jaringan ekosistem Surge lainnya yang termasuk pada penggunaan wifi gratis yang disediakan oleh perseroan, aplikasi Linipoin serta seluruh aplikasi yang dikembangkan oleh perseroan melalui fitur PPOB (Payment Point Online Bank) yang akan dihadirkan dalam waktu dekat. Fitur ini sekaligus akan mempermudah para pengguna di daerah yang masih belum mengenal transaksi pembayaran digital untuk membayar premi.

Potensi Asuransi Mikro di Masa Adaptasi baru 

Menurut Hermansjah, edukasi asuransi melalui layanan asuransi mikro dan kemudahan akses dalam digitalisasi platform akan menyentuh target pasar secara langsung dan lebih tepat sasaran. Apalagi di tengah masa adaptasi baru seperti saat ini dimana geliat bisnis sudah mulai kembali bangkit, asuransi mikro memiliki potensi cukup besar untuk berkembang. Selain itu, pentingnya akses asuransi sebagai perlindungan diri sendiri maupun orang terdekat selama pandemi ini sejalan dengan misi perseroan untuk menghadirkan solusi digital untuk kebutuhan harian (daily needs) masyarakat.

Tercatat pada awal tahun 2021, Asuransi Kita telah mengeluarkan lebih dari 100.000 polis yang menyasar lebih dari 80.000 orang. Berbagai produk asuransi di Asuransi Kita telah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Asuransi Kita memiliki beberapa mitra asuransi di antaranya Sompo Insurance, Cigna, Sequis Life, AXA, Sinarmas Insurtech dan beberapa mitra lainnya.

“Selain jiwa dan kesehatan, bidang perlindungan perjalanan di masa ini memiliki potensi besar kaitannya untuk mendukung protokol clean, health, safety and environment (CHSE). Perlindungan perjalanan akan melindungi masyarakat dari risiko tidak terduga seperti sakit dan kecelakaan. Dengan integrasi platform yang dapat diakses di banyak aplikasi dalam jaringan ekosistem, Surge menyasar pengguna harian transportasi kereta api yang pada masa adaptasi kebiasan baru ini kurang lebih mencapai lebih dari 400.000 penumpang per hari hingga pelaku usaha UMKM yang merupakan pedagang pasar di bawah naungan Pasar Jaya dan Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), serta para mitra warung rekanan ribuan gudang KUD di sepanjang Jawa,” jelas Hermansjah.

Proses pengajuan klaim jauh lebih sederhana dan membutuhkan waktu yang cukup singkat dengan kurang lebih 10 (sepuluh) hari kerja. Proses pengajuan bisa dilakukan secara online dengan menggunakan WhatsApp, email, dan website sehingga semakin memudahkan pengguna.

Salah satu mitra asuransi yang bergabung dalam Asuransi Kita, yaitu Sompo Insurance saat ini menghadirkan layanan perlindungan untuk perjalanan penumpang kereta jarak jauh dari berbagai risiko seperti kehilangan dan/atau kerusakan barang pribadi, keterlambatan dan pembatalan perjalanan, kecelakaan, perawatan serta evakuasi medis ketika dibutuhkan, dan banyak lagi lainnya.

Chief Sales Officer PT Sompo Insurance Indonesia, Yolanda Widjaja mengatakan, Selama 46 tahun berdiri di Indonesia, Sompo Insurance selalu berinovasi demi kesehatan, keamanan dan kesejahteraan nasabahnya. Bersama Asuransi Kita dari Surge, kita ingin memperluas jangkauan perlindungan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masyarakat.

“Karena bagi kami, setiap orang berhak untuk merasa aman dalam menjalani keseharian mereka.” imbuh Yolanda.

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan upaya perlindungan maksimal di masa adaptasi baru, Asuransi Kita ke depan akan menghadirkan layanan perlindungan untuk COVID-19 dan vaksinasi Layanan ini akan memberikan perlindungan untuk nasabah terhadap kondisi yang disebabkan oleh virus Covid 19, dengan masa perlindungan secara bulanan atau tahunan, menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.