Tingkatkan Layanan Digital, KAI Gandeng Telkomsel

Loading

goodmoneyID – Telkomsel kembali menunjukkan komitmennya dalam transformasi digital diberbagai sektor industri melalui implementasi layanan solusi korporasi berbasis teknologi Internet of Things (IoT). Kali ini, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) resmi menggunakann layanan IoT  untuk mentransformasi operasional armada kereta pembangkit milik PT KAI.

Senior Vice President Enterprise Account Management Telkomsel Dharma Simorangkir mengungkapkan Telkomsel mengapresiasi kepercayaan yang telah diberikan oleh PT KAI dalam pemanfaatan solusi inovatif bisnis korporasi berbasis IoT.

“Implementasi teknologi IoT ke dalam ekosistem digital PT KAI merupakan perwujudan komitmen kami dalam mendukung terwujudnya visi Making Indonesia 4.0 dari pemerintah yang mampu mendorong realisasi Revolusi Industri 4.0 di Indonesia”, cetus Dharma.

Telkomsel menghadirkan solusi Industrial Internet of Things dengan layanan Intelligent Tank Monitoring System (INTANK) yang kemudian dikembangkan dan dikustomisasi oleh PT KAI bersama Telkomsel menjadi solusi baru GRAMS (Genset Reliability and Availability Monitoring System). Solusi ini berfungsi untuk memonitoring performance dan kondisi genset di kereta pembangkit secara real time sehingga dapat dilakukan pencegahan problem sebelum terjadi dan dapat memprediksi jadwal maintenance yang akan dilakukan.

INTANK akan menjadi solusi untuk menyajikan informasi dari perangkat pengendali otomatis programmable logic controller (PLC), termasuk di dalam ekosistem aplikasi GRAMS pada kereta pembangkit KAI secara online dan real-time. Penggunaan IoT mampu meningkatkan efisiensi dan keamanan operasional PT KAI demi meningkatkan pelayanan bagi seluruh pengguna kereta api di Indonesia.

“Menghadirkan layanan dan solusi digital yang komprehensif dan berkelanjutan merupakan komitmen Telkomsel dalam mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia. Semoga kolaborasi antara Telkomsel dengan PT KAI untuk membantu produktivitas dan efisiensi PT. KAI dalam melayani pelanggannya serta dapat menginspirasi berbagai industri lainnya untuk mengimplementasikan teknologi digital,” tambah Dharma.

Disisi lain, Corporate Deputy Director of Rollingstock PT KAI Denny Haryanto mengatakan program ini terwujud dalam rangka meningkatkan pelayanan yang prima bagi seluruh Pengguna Jasa Kereta Api. Dan sejalan dengan program kerja KAI untuk digitalisasi di bidang sarana (Rollingstock) dengan memanfaatkan teknologi IoT, sehingga dapat lebih menjamin terselenggaranya pelayanan yang prima dan juga mengutamakan aspek keselamatan.

“Telkomsel dapat menjawab kebutuhan kami, dengan kerjasama ini kami harap dapat diterapkan di semua jenis Sarana (Rollingstock) yang dimiliki oleh PT. KAI untuk meningkatkan efisiensi dan keselamatan operasional Kereta Api”, pungkas Denny.