goodmoneyID – Menjadi seorang pemilik bisnis itu memang butuh skill dan niat yang luar biasa. Setuju kan, dengan fakta ini? Pasalnya, dalam bisnis, siap enggak siap, kita akan menghadapi banyak risiko dan masalah.
Dari sekian banyak masalah, ada 5 yang kerap muncul dan paling banyak dialami oleh pemilik bisnis. Apa saja?
1. Sulit bagi waktu
Sulitnya bagi waktu sering dikeluhkan oleh pebisnis, apalagi yang baru saja mulai membangun bisnisnya. Kok bisa? Iya, karena rata-rata pemilik bisnis yang baru saja memulai bisnis itu merupakan CEO, alias Chief Everything Officer; yang mengurusi A to Z proses produksi, plus berjualan, plus promosi, merangkap shipping, dan sebagainya.
Sementara, rata-rata juga yang mulai merintis bisnis, bisa jadi juga masih berstatus karyawan di sebuah perusahaan. Karenanya, waktu seakan jadi momok. Satu sisi, pekerjaan utama menuntut perhatian, sementara bisnis sampingan juga harus diurus.
2. Kurang percaya diri dan takut gagal
Banyak pebisnis pemula yang awalnya kurang percaya diri. Ini wajar sih, karena merasa bahwa bisnisnya masih kecil Banyak pengusaha yang kurang percaya diri untuk mengakui bahwa ia memiliki sebuah bisnis. Hal ini biasanya terjadi ketika baru memulai bisnis dan bisnisnya masih kecil ataupun belum berkembang.
Akibat dari rasa kurang percaya diri ini, lantas muncullah perasaann takut gagal. Padahal, kadang modal untuk bisa sukses yang terbesar adalah kepercayaan diri. Dengan demikian, kita pun bisa branding bisnis—dan juga branding diri sendiri—dengan lebih baik lo.
3. Kesulitan mencari karyawan yang pas
Menjadi pemilik bisnis, kadang kita dituntut untuk bisa delegasi tugas pada orang lain. Sayangnya, menemukan karyawan atau asisten yang pas ini juga menjadi permasalahan tersendiri bagi para pemilik bisnis. Karyawan yang pas di sini, selain dari keterampilan yan cukup dan memadai, juga upah yang sepadan.
Selain itu, juga yang bisa klik, bisa bekerja sama dengan baik. Cukup tricky juga sih, untuk bisa menemukan karyawan yang pas; pas kompetensinya, pas upahnya, pas juga etos kerjanya.
4. Bingung menentukan jalur pemasaran
Pemasaran merupakan salah satu aspek dalam bisnis yang sangat penting, dan harus dipikirkan dengan saksama. Ibaratnya, bisnis tanpa pemasaran, pastilah akan menghambat penjualan.
Bagaimana orang dapat mengenali bisnis kita, kalau kita tidak mempromosikannya? Iya kan? Bagaimana orang bisa tahu, kalau kita punya produk yang bisa bantu mereka menyelesaikan masalah, kalau kita tidak memperkenalkannya? Betul? Karena itu, pemasaran memang merupakan salah satu proses yang penting. Sayangnya, masih banyak pemilik bisnis yang tidak tahu, bagaimana pemasaran yang bisa efektif menjaring (calon) pelanggan.
5. Kesulitan menentukan harga
Harga jual juga biasanya menjadi masalah bagi pemilik bisnis, apalagi yang baru memulai usahanya. Apalagi kalau produknya memiliki cukup banyak pesaing di pasaran. Adanya perang harga jadi PR tersendiri bagi pemilik bisnis. Biasanya yang menjadi kegalauan adalah seberapa murahkah kita bisa memberikan harga, agar calon pelanggan tertarik untuk membeli, tetapi tanpa membahayakan margin, terutama cash flow. Jika sampai terjebak pada perang harga ini, bisa-bisa bisnis akan sulit berkembang lo, karena akan selalu merugi akibat banting harga nggak kira-kira dan tanpa pertimbangan yang matang.
Nah, yang mana di antara kelima masalah umum pemilik bisnis di atas yang masih kamu alami atau rasakan?