Anak Perusahaan MCAS Gandeng SmartRetail Group Bentuk Joint Venture

Foto: Produk Solusi SmartRetail

goodmoneyID – PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX), perusahaan infrastruktur periklanan dan pemasaran digital baru baru ini telah menggandeng SmartRetail Group (SmartRetail), sebuah platform Engagement Out-of-Home (EOOH) terprogram pada Automated Retail Touch Points.

Anak perusahaan PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS) ini, membentuk perusahaan joint-venture (JV), PT DMMX SmartRitel Teknologi (DSMRT), yang memungkinkan DMMX untuk membawa solusi dan teknologi SmartRetail kepada mitranya, menawarkan platform tambahan kepada brand, ritel, dan pemasar untuk melibatkan pelanggannya.

Diketahui, SmartRetail yang berkantor pusat di Hong Kong telah mengelola hampir 2.000 smart vending machines dan titik ritel di seluruh Hong Kong, Singapura, dan Malaysia.

Pendirian perusahaan JV diharapkan akan selesai pada kuartal ketiga tahun 2021. Setelah selesai, DMMX dan SmartRetail masing-masing akan memiliki saham 50% dari perusahaan JV.

Presiden Direktur DMMX, Budiasto Kusuma berkomentar, pihaknya dapat saling memanfaatkan untuk mempercepat perluasan jaringan periklanan DMMX dan kehadiran SmartRetail di Indonesia.

“Mengingat kesamaan dalam pendekatan kami terhadap periklanan digital dan pemasaran OOH, diferensiasi teknologi yang kami hadirkan akan memungkinkan kami untuk menjangkau audiens yang lebih luas pada kedalaman pasar yang lebih besar.” ujar Budiasto Kusuma, dalma keterangan yang diterima goodmoneyID, Minggu (18/7).

Founder dan Chief Executive Officer (CEO) SmartRetail Group, Adam So menambahkan, dengan bekerja sama dengan DMMX, SmartRetail akan mendapatkan mitra yang kuat untuk berekspansi ke Indonesia dan memperluas platform Programmatic Engagement Out-of-Home (EOOH) kami pada salah satu pasar terbesar di Asia Tenggara.

“Dengan teknologi SmartEngage dan Ai-dentify kami, kami dapat memberikan solusi ritel otomatis, dengan menyediakan perangkat kami atau meningkatkan poin ritel yang ada. Kami juga melihat kemitraan kuat DMMX untuk memperluas engagement solution di dalam toko digital kami, menyediakan data profil konsumen bagi ritel, kemampuan penargetan dan pengambilan sampel produk (baik di dalam toko dan yang didorong O2O). Teknologi pengenalan wajah aktif SmartRetail akan menganalisis fitur wajah untuk Analisa yang lebih dalam dan penargetan konten.” ujarnya. 

Sementara itu Presiden Komisaris DMMX dan Managing Director MCAS, Suryandy Jahja, mengatakan mengingat kebangkitan e-commerce dan selera serta preferensi konsumen Indonesia yang terus berkembang, bisnis perlu menjangkau pelanggan mereka dengan cara yang kreatif dan menarik, lebih dari sebelumnya.

Oleh karena itu, kami sangat antusias dengan kolaborasi ini dan mengantisipasi inovasi baru dalam alur yang akan menarik bagi klien DMMX dan pelanggan mereka.

“Selain itu, kami juga melihat potensi pengembangan dan integrasi yang kuat antara infrastruktur distribusi digital dan teknologi MCAS Group serta teknologi terprogram dan AI SmartRetail. Kami tidak sabar untuk dapat bekerja sama dengan SmartRetail dan menjajaki berbagai peluang kolaboratif baru di dalam Grup.” ujar Suryandy.

Melalui kerja sama ini, DMMX akan meminjamkan kemampuan platform dan jaringan yang ada ke SmartRetail, sembari mendapatkan akses ke produk dan teknologi SmartRetail yang memiliki potensi pengembangan luar biasa dalam hal memperkaya lokasi DMMX yang ada dengan kemampuan consumer engagement yang lebih kuat serta solusi profiling dan pengenalan wajah.

JV akan mengembangkan platform Engagement Out-of-Home (EOOH) yang luas di seluruh Indonesia, yang mana melengkapi platform DMMX yang ada dan memberikan pendapatan yang lebih tinggi.