Aplikasi “Pak Tani Digital” Sasar Milenial

Kris Pradana, Co-Founder Pak Tani Digital

Loading

goodmoneyID –  Pak Tani Digital adalah sebuah aplikasi marketplace yang bertujuan untuk mempertemukan petani dengan pembeli akhir serta seluruh pemangku kepentingan di bidang agrikultural.

Kris Pradana salah satu pendiri aplikasi Pak Tani digital menyebut pihaknya menyasar milenial kembangkan ekonomi mereka lewat digital marketing di sektor pertanian. Ia ingin membangkitkan semangat milenial bahwa mereka bisa kaya jika mampu mengelola pertanian di Indonesia secara tepat, dengan memanfaatkan digitalisasi.

“Kita sasar pasar anak muda karena kita tahu petani di Indonesia  itu tua-tua semua, mereka untuk buka facebook aja kurang paham. Kita lagi campaign ke beberapa kampus, kita mau membangkitkan semangat bertani mereka, kita mau ajak mereka jadi petani itu keren, kalian bisa kaya, kalau kalian mampu memaksimalkan digital marketing,” ujar Kris.

Berbasis di Kota Medan dan sudah dua tahun berdiri, Pak Tani Digital hingga kini mampu mendapatkan jumlah user sebanyak 40 ribu orang, dan jumlah petani dalam aplikasinya sendiri sudah mencapai 8 ribu orang. Jumlah itu tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan Jawa Barat dan Jawa Timur menjadi jumlah terbanyak yang melakukan penjualan di aplikasi Pak Tani Digital.

“Kita tersebar di  seluruh Indonesia, paling banyak pedagang kita orang daerah Jawa, seperti Jawa Barat dan Jawa Timur,” ungkap Kris.

Inisiasi Pak Tani Digital itu muncul dilatarbelakangi oleh kondisi ekosistem pertanian Indonesia yang masih tertinggal, dimana banyak petani di Indonesia masih miskin, padahal potensi di bidang pertanian ini cukup besar. Ia menyebut juga petani kebanyakan bingung mau menjual kemana hasil pertanianya, dan ujungnya mereka jual ke tengkulak yang menyebabkan harga jual tani tertekan.

“Keterbatasan informasi, dan sulitnya proses distribusi ini yang menyebabkan petani tidak tahu mau dijual kemana padi mereka, kemudian harga komoditas terlalu rendah karena di atur oleh tengkulak, dan seringkali mereka kerja sendiri, mereka juga kekurangan modal pendanaan,” ujar Kris.

Sebab itu Pak Tani Digital hadir, memberikan solusi dalam platform digital, dimana mereka bisa menjual online secara gratis. Dengan memanfaatkan platform ini diharapkan potensi pasar dapat berkembang lebih luas, dan profit  lebih tinggi.