APPK OJK Mulai Aktif 1 Januari 2021, Simak Manfaat Dan Fiturnya!

Foto: APPK OJK

goodmoneyID – Mulai 1 Januari 2021 layanan pengaduan dan penyelesaian sengketa konsumen sektor jasa keuangan di Ojk (Otoritas Jasa Keuangan) akan dilakukan secara terintegrasi melalui Aplikasi Portal Perlindungan Konsumen atau (APPK). Apa tuh APPK Ojk?

APPK Ojk ini merupakan sistem layanan konsumen yang terintegrasi di sektor jasa keuangan yang berkaitan dengan pananganan pengaduan konsumen dan penyelesaian sengketa. Portal ini dibuat untuk mengoptimalkan perlindungan konsumen di sektor jasa keuangan.

Harapannya dengan perlindungan konsumen yang kuat kepercayaan konsumen akan meningkat dan memperkuat stabilitas sistem keuangan di Indonesia.

Apa saja manfaat APPK Ojk?

Sebagai sebuah aplikasi perlindungan konsumen APPK memiliki manfaat pertama untuk konsumen, yakni mempermudah penyampaian pengaduan ke PUJK secara online, mempermudah memantau penanganan yang sudah dan sedang dilakukan oleh PUJK, mempermudah komunikasi,  dan mempermudah meneruskan sengketanya ke LAPS (Lembaga Alternatif Penyelesai Sengketa).

Sedangkan Kedua bagi pelaku usaha, APPK Ojk bermanfaat untuk mempermudah menerima informasi pengaduan dari konsumennya (ada fitur notifikasinya), mempermudah komunikasi dengan konsumen jika diperlukan tambahan informasi atau dokumen terkait, lalu mempermudah penyampaian informasi tindak lanjut penanganan pengaduan ke konsumen, dan mempermudah mendapat informasi dari konsumen untuk perbaikan produk dan layanannya.

Selain ada fitur notifikasi, APPK Ojkpunya fitur lain yang sangat modern, antara lain Dashboard dan penyusunan laporan, nomor tiket untuk mempermudah layanan pengaduan, terdapat akses konten edukasi dan informasi terkini terkait perlindungan konsumen.