Bank Mandiri Gaet Bukalapak Pasarkan KPR Secara Online

Prototipe peluncuran bukarumah, oleh Wadirut Bank Mandiri Hery Gunardi (kiri), dan Fajrin Rasyid CEO Bukalapak (kanan). (foto: Gio/goodmoneyID).

goodmoneyID – Bank Mandiri menghadirkan beragam terobosan untuk memperkuat seluruh lini bisnis, termasuk bisnis KPR. Kali ini, Bank Mandiri bersinergi dengan platform e-commerce BukaLapak untuk mendorong ekspansi produk KPR secara online melalui menu BukaRumah, serta dengan startup properti Pinhome.id dalam penyediaan properti secara digital.

Melalui menu BukaRumah, Bank Mandiri  akan menawarkan stok properti di seluruh Indonesia yang berasal dari developer rekanan kepada pengguna Bukalapak. Secara periodik, stok ini akan diperbarui oleh Pinhome.id dengan menambah daftar properti yang ditawarkan agar dapat memberikan variasi produk sesuai kebutuhan masyarakat.

Menurut Wakil Direktur Utama Bank Mandiri Hery Gunardi, kolaborasi dengan usaha berbasis platform ini merupakan bentuk inisiatif  perseroan untuk mengadopsi perkembangan teknologi informasi dalam menciptakan efisiensi dan kemudahan bertransaksi bagi masyarakat.

“Melalui kerjasama ini, kami ingin menciptakan pengalaman baru bertransaksi properti. Cukup dengan menggerakkan jari pada dawai yang dimiliki, masyarakat dapat memiliki aset properti yang dibutuhkan. Apalagi kami juga memiliki program-program promo yang menarik pada kerjasama ini,” kata Hery saat mengunjungi arena pameran properti Bukalapak dan Bank Mandiri di Jakarta, Kamis (27/2).

Adapun program promo yang diberikan dalam kerjasama dengan Bukalapak ini antara lain kesempatan untuk mendapatkan cashback dan furniture pilihan, diskon khusus harga properti, hingga angsuran yang lebih ringan daripada pengajuan secara offline.

Saat ini, proses pengembangan menu BukaRumah di platform Bukalapak ini telah berada pada tahap finalisasi dan akan dapat dinikmati secara luas pada kuartal II tahun ini.

Hery menjelaskan nanti masyarakat yang ingin membeli rumah di Bukapak dapat langsung mengajukan pembelian aset properti yang diinginkan pada menu Bukarumah. Setelah itu isi data secara lengkap, jika seluruh persyaratan formal telah dipenuhi, maka pengajuan akan lebih cepat.

“Masyarakat juga dapat memperoleh kejelasan progress pengajuan kredit yang diupdate secara berkala di platform Bukalapak,” katanya.

Sementara itu CEO Bukalapak, Fajrin Rasyid menyebut KPR ini eksklusif hanya bisa dilakukan melalui Bank Mandiri saat ini. Namun Bukalapak terbuka jika ada kerjasama lainnya.

“Jadi sistemnya nanti Mandiri yang sediakan KPR nya, lewat aplikasi startup pinhome yang sediakan developer untuk suplier rumah-rumahnya,” terang Fajrin.

Jadi rumah-rumah yang bakal di jual di Bukalapak bukan sembarang rumah, melainkan rumah yang menjadi mitra dari Pinhome.

“Syaratnya saat ini buat developer yang mau jual harus masuk pinhome dulu, karen ini mitra kita, dan saat ini masih eksklusif hanya dengan Bank Mandiri,” sebut Fajrin.

Saat ini, proses pengembangan menu BukaRumah di platform Bukalapak ini telah berada pada tahap finalisasi dan akan dapat dinikmati secara luas setelah Lebaran.