goodmoneyID – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menawarkan kemudahan dan kenyamanan bagi nasabah yang gemar berpergian (travelling) dan berbelanja di beberapa negara di dunia. Hal ini diimplementasikan dengan menggandeng JCB (Japan Credit Bureau) International Indonesia sebagai anak perusahaan dari JCB International Co merilis Kartu Kredit BCA-JCB Black.
Kartu kredit BCA-JBC Black dapat digunakan oleh masayarat indonesia untuk transaksi belanja ketika sedang berlibur di negara luar, khususnya Jepang. “BCA-JCB Black Card akan mendukung bisnis traveler Indonesia, khususnya ke Jepang yang semakin tahun jumlah traveller Indonesia ke jepang semakin banyak, yaitu mencapai 400 ribu orang. Target kami untuk tahun pertama kita harapkan bisa mencapai 25 ribu keping kartu, dan menghasilkan nilai penjualan sekitar Rp400 miliar,” ujar Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja, di Jakarta, Senin (11/11).
Peluncuran Kartu Kredit BCA-JCB Black ini bertujuan untuk mengakomodir kebutuhan nasabah yang memungkinkan mereka untuk melakukan transaksi, perjalanan, dan pembelian produk di merchant-merchant domestik dan di luar negeri. Target pemegang Kartu Kredit BCA-JCB Black menyasar segmen affluent (orang kaya), khususnya individu atau keluarga yang gemar travelling danberbelanja di luar negeri.
Direktur BCA Santoso juga mengatakan jumlah kartu secara total yang dimiliki bank BCA saat ini telah mencapai 3,9 Juta keping kartu, yang 15% nya adalah kartu yang sudah digunakan di luar negeri. “Kita melihat dari kartu-kartu kita 15% sudah digunakan di luar negeri, dari jumlah keseluruhan ada 3,9 juta keping. Kita cukup optimis di 2020 ini akan tumbuh 25%,” ungkap Santoso.
Promo yang ditawarkan kartu kredit BCA-JCB Black kepada nasabah BCA, antara lain double reward pada transaksi retail dan competitive forex rate bagi nasabah yang akan berpergian ke Singapura, Jepang, dan Korea Selatan. Selain itu, untuk transaksi internasional terdapat program cicilan 0% sampai 12 bulan dengan minimum transaksi sebesar 3juta rupiah.
Adapun manfaat lainya bagi pemegang Kartu Kredit BCA-JCB yang berlaku pada kartu JCB domestik dan internasional, antara lain fasilitas airport lounge eksklusif gratis di Jepang, Cina, Korea, Singapura, Thailand, dan Hawaii. Kemudian, pelanggan juga dapat menikmati JCB PLAZA di beberapa tujuan kelas dunia seperti Tokyo, Kyoto, Honolulu, Guam, Taipei, Singapura, Paris, Seoul, Hong Kong dan Bangkok. Manfaat lain yang tidak kalah menarik adalah harga diskon di berbagai merchant terpilih dan perusahaan makanan domestik dan internasional yang berkolaborasi dengan BCA dan JCB.
Adapun skema bisnis yang dilakukan antara BCA dan JCB Internasional Indonesia, adalah BCA sebagai Insurance bank dan JCB sebagai principal, artinya kartu BCA-JCB Black ini diterbitkan oleh brand JCB, sehingga bisa digunakan dimana saja sepanjang disitu ada brand JCB.
“Skema dari kerja sama ini, kita sebagai insurance bank, dan JCB sebagai principal, kartu ini diterbitkan oleh brand jcb, sepanjang dinegara lain ada JCB ini bisa digunakan, tidak Cuma dijepang, jadi pemiliknya sendiri adalah JCB, kita turut mengikuti beberapa bisnis model sebagai insurance,” ungkap Santoso.
Sementara itu, JCB International President & COO, Kimihisa Imada mengatakan, BCA adalah mitra pertamanya di Indonesia dan telah mendukung bisnis akuisisi kami di Indonesia selama lebih dari 35 tahun. “Kami senang bahwa BCA telah menjadi penerbit kartu kredit mitra juga. Saya yakin ini dapat menarik pelanggan potensial dengan berbagai manfaat dan layanan yang diberikan oleh kedua belah pihak. Saya juga percaya bahwa kolaborasi ini memberikan peluang bagi BCA dan JCB untuk terus mengembangkan bisnis di Indonesia saat ekonomi terus tumbuh,” ungkap Kimihisa.