BCA Kembangkan Bisnis UMKM Fashion Lewat Program Bangga Lokal

goodmoneyID – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penopang perekonomian Indonesia terutama di tengah ketidakpastian akibat adanya pandemi. Menilik kondisi tersebut, PT Bank Central Asia Tbk. (BCA) sebagai satuan sistem keuangan nasional pun berinisiatif untuk melakukan pengembangan terhadap bisnis lokal.

Program unggulan yang dimiliki BCA untuk UMKM adalah Bangga Lokal yang menjadi wadah berjumpanya bisnis UMKM dari berbagai kategori.

Sebagai upaya nyata, BCA senantiasa memberikan pendampingan serta menghimpun bisnis lokal lainnya salah satunya dari kategori fashion. Terbaru, BCA bekerjasama dengan Clara media dan Jakarta Fashion Hub (JFH) menghadirkan program Bangga Lokal: Fashioning The Future 2022 yang menjadi ajang showcase UMKM kategori fashion.

Seremoni launching kegiatan tersebut dihadiri oleh I Ketut Alam Wangsawijaya EVP Transaction and Banking BCA, Norisa Saifuddin SVP of Marketing Communication BCA,  Sheila Rachmat Head of Marketing Communication Jakarta Fashion Hub, Virginia Rusli dari Clara media, M. Triangga Co-Founder Grebe dan segenap rekan-rekan UMKM Fashion dan media pada Jumat (25/03) di outlet Grebe Lippo Mall Puri, Jakarta.

Ketut Wijaya mengapresiasi antusiasme rekan-rekan UMKM yang bergabung dalam kegiatan ini, 116 brand fashion yang bergabung hingga akhirnya terkurasi 5 brand yang masuk babak selanjutnya. Kelima brand fashion yang berhasil melalui berbagai webinar dan pendampingan tersebut yaitu Attelier, Hana Aisha, Maritza, Nokanik dan Privet.

‘’Komitmen BCA untuk bangkit dan tumbuh bersama UMKM Indonesia senantiasa kami lakukan, kami turut mencermati industri fashion yang tidak lekang dimakan usia. Kegiatan Fashioning The Future 2022 menjadi momentum yang tepat bagi rekan-rekan UMKM untuk menampilkan hasil karya kekinian dan memiliki daya jual tinggi. Semoga dengan adanya kegiatan ini memberikan peluang yang baik bagi perekonomian bisnis lokal di Indonesia,’’ ujar Ketut.

Fashioning The Future 2022 merupakan program pembinaan bagi UMKM yang dilakukan oleh BCA dibawah payung Bangga Lokal. Pada perjalanan programnya, BCA memberikan rangkaian pembelajaran dan kurikulum menarik mulai dari pembelajaran fotografi, brand equity, public relations serta laba-rugi kredit usaha.

Sebagai informasi, BCA telah mengembangkan program BCA Bangga Lokal di November 2020. Hingga saat ini, program BCA Bangga Lokal telah menaungi lebih dari 500 brand lokal yang melingkupi kategori UMKM dari bidang Kesehatan dan Kecantikan, Fashion, Makanan dan Minuman hingga Hobi dan Aktivitas. Selain itu, BCA juga bekerjasama dengan marketplace & online service seperti Grebe yang menawarkan berbagai produk lokal dengan diskon yang menarik.

“Kehadiran program ini sejalan dengan upaya BCA dalam mempercepat realisasi tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). Kami berharap melalui gelaran program ini dapat menjaring dan memberikan semangat motivasi bagi UMKM dalam mengembangkan bisnis. Tentu saja optimisme harus selalu ada dalam menciptakan produk-produk unggulan,” tutup Ketut.