DANA Hadirkan Layanan Home Shopping

Ilustrasi : Doc DANA

Loading

goodmoneyID – Pemerintah Indonesia telah mengambil sikap demi tekan persebaran wabah Covid-19 dengan memberlakukan kebijakan physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), serta mengharuskan masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah. Melihat hal ini Dana meluncurkan layanan Home Shopping.

CEO DANA Vincent Iswara, mengatakan pengguna DANA kini bisa berbelanja secara digital, serta membeli makanan dan minuman dari restoran atau tempat makan favoritnya untuk santapan buka puasa saat Ramadan. Selain memudahkan pengguna yang harus menjalani physical distancing, layanan ini juga membantu merchant untuk tetap bertahan dan menjalankan kegiatan ekonomi di tengah pandemi COVID-19.

“Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan drastis pada kehidupan dan aktivitas ekonomi masyarakat. Salah satu industri yang paling terdampak oleh pandemi adalah industri makanan dan minuman yang mengalami penurunan pendapatan sangat signifikan hampir di seluruh lokasi di Indonesia. Mereka yang terdampak adalah masyarakat sebagai konsumen, serta para pelaku usaha mulai dari skala mikro hingga pengusaha ritel berskala besar,” ungkap Vincent Iswara, dalam rilis tertulis, Kamis (30/4).

Lanjut Vincent, saat ini setiap orang berusaha untuk bertahan dan melewati masa sulit akibat pandemi COVID-19. Inisiatif terbaru DANA, yang diluncurkan bertepatan di Bulan Ramadan, adalah layanan Home Shopping.  Layanan ini ditujukan untuk membantu para mitra merchant DANA agar dapat tetap beroperasi di tengah pandemi, sekaligus melayani kebutuhan para pengguna DANA yang juga merupakan pelanggan mereka.

“Melalui layanan ini, mitra-mitra merchant DANA tetap dapat melayani konsumen dan menerima pesanan yang dilakukan melalui aplikasi dompet digital DANA. Fitur ini menghubungkan pengguna DANA dengan merchant favoritnya melalui layanan pesan instan WhatsApp. Selanjutnya, konsumen dapat langsung memesan barang ataupun menu makanan dan minuman dari merchant, dan melakukan pembayaran menggunakan DANA QRIS (QR Code Indonesia Standard yang diterbitkan oleh DANA). Pihak merchant akan mengirimkan pesanan langsung ke alamat konsumen,” terang Vincent.

Vincent menambahkan di bulan Ramadan saat ini, pengguna DANA juga tak perlu lagi bingung mau masak atau membeli santapan apa untuk berbuka puasa. Sekarang mereka bisa memanfaatkan layanan Home Shopping pada dompet digital DANA untuk memesan makanan dan minuman dari restoran favorit mereka untuk santapan berbuka puasa.

Saat ini, pengguna DANA sudah dapat berbelanja digital serta melakukan pemesanan makanan dan minuman di berbagai merchant dan restoran favorit mereka melalui layanan Home Shopping.

Merchant dan restoran tersebut antara lain, Martha Tilaar Shop, Apotek Senopati, Bengawan Solo Coffee, Burgreens, Le Viet, Dailybox, Genki Sushi, Momoiro, Bariuma Ramen, Steak 21, Roti O, Hong Tang, Kibo Cheese Cake, Kyochon, Krispy Kreme, Mister Donut, dan Gokana. DANA akan terus menambah daftar mitra merchant dalam layanan ini. Informasi selengkapnya bisa dilihat pada aplikasi dompet digital DANA.

Berikut ini langkah-langkah untuk berbelanja digital di mitra merchant DANA melalui layanan Home Shopping pada aplikasi dompet digital DANA.

  1. Buka aplikasi dompet digital DANA, lalu pilih fitur Home Shopping di halaman utama aplikasi.
  2. Setelah halaman berisi daftar merchant terbuka, pilih merchant F&B yang diinginkan, lalu klik untuk membuka halaman percakapan WhatsApp milik merchant terpilih
  3. Halaman WhatsApp akan terbuka. Anda bisa melakukan pemesanan menu yang diinginkan.
  4. Merchant akan mengirimkan DANA QRIS untuk pembayaran. Simpan DANA QRIS dalam galeri foto ponsel, lalu buka kembali aplikasi dompet digital DANA.
  5. Pilih menu Pay/Bayar, ketuk ikon foto dan pilih DANA QRIS merchant dari galeri foto.
  6. Masukkan nominal dan lakukan pembayaran.
  7. Selanjutnya pihak merchant akan memroses pesanan dan mengantarkannya ke rumah atau alamat tujuan Anda.