goodmoneyID – Dompet Dhuafa dan Yayasan Tebuireng mendirikan Rumah Sakit Wakaf yang diberinama Rumah Sakit (RS) Hasyim Asy’ari Tebuireng. RS ini berlamat di Desa Kwaron, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. RS wakaf ini dibangun dengan total dana wakaf Rp36 miliar. RS Hasyim Asy’ari dirikan di atas lahan atas 6 hektare dengan bangunan 3 lantai.

General Manager Wakaf Dompet Dhuafa, Bobby P.Manullang menjelaskan RS Hasyim Asy’ari yang dibangun pada tahun 2018 kini telah rampung dan siap beroperasi.

“Jika tidak ada kendala akhir tahun ini kita bisa beroperasi sebab sebetulnya secara fisik dan kebutuhan alat kesehatan yang sifatnya mayor itu sudah ada semuanya di rumah sakit ini, hanya saja masih ada beberapa yang perlu kita lengkapi,” jelasnya saat mengecek kesiapan RS Hasyim Asy’ari, Rabu (26/10/2022).

Ia mengatakan RS Hasyim Asy’ari adalah rumah sakit wakaf produktif yang ketujuh oleh Dompet Dhuafa.

Saat ini secara fisik bangunana telah selesai, dan seiring dengan pembangunan rumah sakit, Dompet Dhuafa tetap menghimpun dana untuk melengkapi kebutuhan alat-alat kesehatan.

Foto: Fasilitas di RS Hasyim Asyari Tebuireng (Sumber: Gio)

Alhasil, banyak kemudahan yang didapat. Termasuk mendapat bantuan hibah berupa alat-alat kesehatan dari Pemprov Jatim. Bahkan saat ini kebutuhan alat kesehatan yang bersifat mayor sudah terpenuhi.

“Semoga akhir tahun ini bisa beroperasi. Hanya masih harus melengkapi beberapa kebutuhan kecil. Seperti peralatan di Poli Gigi dan fasilitas kecil lain,” jelas Direktur RS. Hasyim Asy’ari, Aria Dewanggana, Rabu (26/10/2022).