Gelombang 8 Kartu Prakerja Ditutup Besok

Ilustrasi : prakerja.go.id

goodmoneyID – Pendaftaran program kartu prakerja sudah masuk gelombang 8 sejak Kamis lalu, dan akan segera ditutup Senin, 14 September, pukul 12.00 WIB

Head of Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu menjelaskan sampai siang ini sudah ada lebih dari 4 juta pendaftar. Kuota gelombang 8 sebesar 800 ribu penerima.

“Untuk mereka yang mencoba mendaftar tetapi gagal, pastikan bahwa nomor NIK dan KK sudah dimasukkan dengan benar,” ujar Louisa, kepada goodmoneyID dalam keterangan tertulis, Minggu (13/9).

Jika masih gagal juga, imbuh Louisa sebaiknya segera hubungi call center Dukcapil di nomor 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat. Pastikan juga nomor handphone pendaftar aktif dan sudah melakukan eKYC untuk e-wallet yang dipilih.

“Kalau ada yang mau mengganti nomor handphone bisa lihat caranya di https://www.prakerja.go.id/blog/tutorial-mengganti-nomor-handphone-di-prakerja atau kalau ingin mengganti nomor rekening bisa lihat caranya di https://www.prakerja.go.id/blog/tutorial-rekening-kartu-prakerja,” ujar Louisa.

Sementra, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan saat ini lebih dari 22 juta orang telah melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja. Dari jumlah tersebut, sebanyak 3,8 juta orang telah ditetapkan sebagai penerima fasilitas.

Hingga kini terdapat 1,6 juta orang telah menyelesaikan pelatihan dan 933 ribu telah mendapatkan insentif.

Program Kartu Prakerja, kini diposisikan sebagai semi bantuan sosial bagi pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), dirumahkan, dan pekerja informal terdampak.

Program ini memberikan bantuan biaya pelatihan dan insentif dengan total bantuan Rp3,550,000 perbulan untuk 5,6 juta orang penerima.