Grand Final PUBG Mobile Global Championship 2022 Mantapkan Posisi Indonesia di Panggung Esports Dunia

goodmoneyID – Setelah sukses menjadi tuan rumah Indonesia Esports Summit dan International Esports Federation (IESF) World Esports Championships 2022 pada Desember lalu, babak Grand Final PUBG Mobile Global Championship (PMGC) 2022 menjadi kelanjutan dari serangkaian ajang esports bergengsi tingkat internasional yang digelar di Tanah Air.

Diselenggarakan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Grand Final PMGC 2022 mempertemukan tim-tim yang diperkuat para pemain PUBG Mobile terbaik dari seluruh dunia, termasuk tim Indonesia, Alter Ego Limax. Tim Alter Ego Limax menjadi perwakilan tunggal Indonesia di Grand Final PMGC 2022. Skuad ini akan menghadapi 15 regu lainnya yang berasal dari Malaysia, Thailand, Tiongkok, Mongolia, Nepal, Turki, hingga Brazil.

Eksposur Indonesia terhadap ajang-ajang esports kelas dunia diyakini akan meningkatkan kualitas ekosistem maupun atlet esports Indonesia. Demikian antara lain sambutan Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo yang disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal PB ESI, Dr. I Gde Made Kartikajaya, S.E., M.M., M.AP.

“Kepercayaan yang terus diberikan oleh dunia internasional kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah berbagai perhelatan esports global, termasuk Grand Final PMGC 2022, merupakan kehormatan bagi kami,” ujarnya. “Bagi Indonesia, penyelenggaraan ini tentu saja memiliki arti yang sangat positif. Sebagaimana visi kami, lewat ajang ini kami berharap nama Indonesia sebagai salah satu sentra esports dunia akan terus menguat di mata internasional.”

Disampaikan pula bahwa pada bulan Desember 2022 lalu, Indonesia juga telah dipercaya dunia sebagai tuan rumah IESF 14th World Esports Championships di Bali. Kepercayaan dunia internasional merupakan salah satu hasil dari upaya PB ESI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Budi Gunawan dan Pemerintah Indonesia dalam mendukung keberlanjutan ekosistem esports Indonesia di kancah dunia. Melalui peningkatan kapasitas, penguatan internal, pembenahan regulasi dan peraturan, PB ESI juga terus berupaya untuk dapat memberikan kepastian bagi ekosistem esport di indonesia untuk terus bertumbuh dan bergerak maju.

Keberadaan dan partisipasi Indonesia di kompetisi internasional PMGC ini juga sangat penting dalam menentukan tolok ukur atau benchmarking kualitas esports Indonesia di tingkat dunia. Selain itu, juga dapat dilakukan adopsi best practices guna peningkatan kualitas dan prestasi esports tanah air, khususnya di nomor gim PUBG Mobile yang merupakan salah satu permainan first-person shooter (FPS) paling populer di indonesia.

Dari segi pengembangan atlet, perjumpaan dengan para pemain dan tim terkuat di panggung internasional juga penting untuk mengetahui perkembangan meta dan strategi terbaru di gim PUBG Mobile.

“Terlebih, dengan menyumbang jumlah pemain kedua terbanyak terhadap sekira 50 juta pemain aktif harian secara global, Indonesia sesungguhnya memiliki potensi yang begitu besar di PUBG Mobile. Peran PB ESI adalah memberikan dukungan kepada atlet-atlet yang sekarang bermain untuk memperoleh prestasi terbaik serta mempersiapkan juara-juara dunia masa depan, khususnya dalam rangka mempersiapkan diri menyongsong Southeast Asian Games (SEA Games) 2023 pada bulan Mei mendatang dan juga Asian Games 2023,” pungkasnya.