Ingin Merambah Bisnis Kurir, Intip Kiat Sukses TIKI

Loading

Goodmoney – Perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia PT. Citra Van Titipan Kilat (TIKI). Mengajak para pemilik modal dan pengusaha Indonesia untuk memaksimalkan peluang bisnis di industri jasa kurir dengan bermitra bersama perusahaannya.

President Director TIKI, Titi Oktarina mengutarakan bahwa sebagai salah satu perusahaan pengiriman terpercaya dan memiliki jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia, TIKI mengajak para mitra waralabanya bertumbuh bersama dan mendorong pertumbuhan ekonomi di tiap daerah.

“Selama 49 tahun kehadiran TIKI di industri jasa kurir, TIKI telah membangun ekosistem kemitraan dengan sistem kerja profesional, pembagian keuntungan yang transparan dengan biaya investasi yang ringan”, ungkap Titi.

Industri jasa kurir akan terus bertumbuh, hal tersebut tercermin dari data pertumbuhan sektor kurir & logistik yang mencapai 14,7% pada 2017. Frost & Sullivan, memperkirakan industri logistik Indonesia akan tumbuh 15,4% dengan nilai Rp.4396 triliun pada tahun 2020 dimana peningkatan konsumsi masyarakat, dan pertumbuhan bisnis e-commerce menjadi salah satu pendorong perkembangan industri kurir.

Untuk dapat menangkap peluang besar di industri kurir, berikut ini beberapa hal penting bagi para pemilik modal atau pengusaha Indonesia terkait perusahaan kurir yang akan dijadikan mitra waralaba:

1. Reputasi dan Rekam Jejak Perusahaan Kurir
Industri kurir merupakan industri jasa berbasis kepercayaan mengingat pelanggan menitipkan barangnya untuk dikirimkan. Oleh karena itu pastikan Anda bermitra dengan perusahaan jasa kurir yang memiliki reputasi dan rekam jejak yang mumpuni agar Anda dapat mudah mempromosikan usaha Anda kepada keluarga, teman dan masyarakat sekitar. TIKI sendiri telah menjalankan bisnis kurir sejak tahun 1970 dan terus menjadi salah satu yang terdepan dalam menjaga kualitas layanan dan kepercayaan pelanggan dan mitra waralabanya.

2. Jaringan Distribusi Yang Kuat
Pastikan perusahaan jasa kurir yang menjadi mitra bisnis Anda memiliki aset jaringan distribusi yang kuat dan luas hingga ke pelosok nusantara, yang dibangun sendiri atau bukan menggunakan jaringan distribusi dari perusahaan jasa kurir lain. Di TIKI sendiri memiliki jaringan operasional yang meliputi 65 kota besar di Indonesia, didukung oleh 450 lebih kantor perwakilan, 3 ribu lebih gerai dan telah menjangkau dan melayani hingga 98% dari total kode pos di Indonesia.

3. Komitmen Manajemen Perusahaan Dalam Inovasi
Cari tahu bagaimana perusahaan kurir tersebut dikelola, visi & misi perusahaan dan apakah perusahaan tersebut terus berinovasi mengikuti perkembangan kebutuhan pelanggan di era digital. Hal ini penting mengingat bisnis waralaba yang kita jalani diharapkan dapat berjalan dan berkembang dalam jangka panjang. Di TIKI, inovasi layanan menjadi yang utama bagi perusahaan dan menjadi salah satu tips sukses perusahaan dalam menjalankan bisnisnya selama 49 tahun ini. Berbagai inovasi layanan yang TIKI miliki saat ini antara lain aplikasi TIKI, layanan drive thru 24 jam, layanan jemput online, drop-off 24 jam, TIKI Online Booking (TOB), real time tracking, dan SMS Notifikasi.

4. Sistem Waralaba Yang Jelas dan Transparan
Cari tahu sedetil-detilnya mengenai persyaratan menjadi mitra waralaba, jenis-jenis mitra waralaba yang ditawarkan, nilai investasi, sistem pembagian komisi dan besaran komisi yang diterima, hingga proyeksi balik modal (Break Even Point). Di TIKI menawarkan dua jenis waralaba yaitu TIKI Gerai dan TIKI Booth dengan besaran komisi harian sebesar 21 persen dari total omset per hari dan tambahan bonus dari pencapaian omset selama satu bulan dengan perhitungan persentase hingga mencapai 6 persen, dengan total pendapatan mencapai 27 Persen.

5. Program Pengembangan Mitra Waralaba
Program pengembangan mitra waralaba sangat penting agar kita sebagai mitra waralaba memahami seluk beluk bisnis di jasa kurir dan menjadi mitra bisnis yang saling membangun. Bukan hanya sekedar pemilik modal yang menanamkan modalnya tanpa mempunyai pengetahuan mengenai bisnis. Di TIKI, tiap mitra waralaba akan memperoleh pembekalan dan pelatihan secara regular mengenai bisnis, produk & layanan serta proses operasional TIKI. Perusahaan juga rutin mengadakan temu mitra waralaba untuk memberikan informasi terbaru terkait perusahaan dan berdiskusi dengan para mitra terkait kinerja bisnis mitra dan cara meningkatkan pendapatan bisnisnya.