Kelas Atas Jenuh, Kini BCA Sasar KPR Menengah Bawah

Direktur BCA, Santoso Lim di BCA Expoversary 2020 di Tangerang. (foto: Gio/goodmoneyID).

goodmoneyID – Bank BCA akan lebih fokus menyalurkan Kredit Pembiayaan Rumah (KPR) untuk masyarakat kelas menengah bawah. BCA menilai potensi pertumbuhan KPR melalui segmen tersebut masih sangat besar.

Adapun kisaran harga rumah yang akan dibiayai melalui layanan kredit ini yaitu Rp350 juta hingga Rp1 miliar. “Pada dasarnya penduduk Indonesia itu besar sekali dan kebutuhan kelas menengah bawah ini belum semua terpenuhi,” terang Direktur BCA, Santoso Lim, di Tangerang, (21/2).

Santoso berpendapat, penjualan rumah mahal di atas Rp1 miliar saat ini sudah mulai mengalami penurunan. Sebab itu BCA banting setir bakal fokus ke segmen menengah bawah, Santoso optimistis pertumbuhan penyaluran KPR tahun ini bisa mencapai 10-15 persen.

Tahun ini penyaluran KPR BCA akan diutamakan di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Santoso mengakui fokus penyaluran di segmen menengah bawah ini sudah dilakukan sejak awal tahun lalu. Namun, penjualan pada saat itu belum maksimal lantaran adanya pengaruh Pemilihan Umum (Pemilu) dan perang dagang.

Menurut Santoso, perang dagang memberikan dampak yang sangat besar terhadap sektor properti terutama dari sisi suplai. Meski demikian, Santoso optimistis penyaluran tahun ini akan lebih baik dibandingkan tahun lalu.

“Kita memperkirakan 2020 harusnya lebih baik. Pemerintah sudah mulai fokus membangun industrinya secara berkelanjutan,” pungkasnya.