Kembangkan UMKM Kawasan Danau Toba, Kemenko Marves Dukung Program Kemitraan Pertamina Bantu UMKM

goodmoneyID – Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, diwakili oleh Asisten Deputi Bidang Akses Permodalan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Suparman Sirait, menyatakan apresiasi dan dukungannya kepada PT Pertamina (persero) yang telah meluncurkan tahap pertama bantuan pinjaman modal usaha sebesar Rp5,4 miliar bagi UMKM di delapan kabupaten di kawasan Danau Toba, dari total pinjaman modal sebesar Rp 20 miliar.

“Apresiasi kami berikan kepada Pertamina yang mengambil langkah membantu UMKM melalui Program Kemitraan, baik di Danau Toba ataupun Destinasi Super Prioritas lainnya, ” ujar Asdep Suparman melalui keterangan resminya, Selasa (8/9).

Adapun, program yang digagas oleh Kemenko Marves ini bertujuan meningkatkan kemampuan permodalan UMKM baik di kawasan pariwisata Danau Toba maupun empat destinasi super prioritas lainnya, terutama pada masa pandemi Covid-19 yang telah memberikan banyak tantangan bagi UMKM. Secara keseluruhan, PT Pertamina akan memberikan bantuan pinjaman modal sebanyak Rp100 miliar kepada lima destinasi super prioritas wisata yang terdiri atas Danau Toba (Sumatera Utara), Borobudur (Jawa Tengah), Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Likupang (Sulawesi Utara).

“Sampai saat ini, pada empat destinasi pariwisata prioritas tersebut baru masuk 213 proposal, tentunya ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk lebih meningkatkannya. Saya minta pada instansi daerah yang bertanggungjawab dalam pembinaan UMKM untuk dapat mendorong UMKM lebih cepat mengajukan permohonan pinjaman serta melengkapi proposalnya dengan benar dan lengkap. Sehingga dana sebesar RP 100 miliar sesuai target dapat segera disalurkan,” tambah Asdep Suparman.

Sebelumnya, dalam acara Program Kemitraan Pertamina Membantu UMKM di Danau Toba, Sumatera Utara, digelar pada Jumat, 4 September 2020 ditegaskan bahwa Kawasan Danau Toba merupakan salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional yang telah ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo.

Pemerintah melalui Kemenko Marves yang bertugas sebagai koordinator dan fasilitator lintas kementerian dan lembaga terkait, saat ini tengah menyiapkan segala kebutuhan guna menunjang aktivitas pariwisata di Danau Toba mulai dari persoalan permodalan hingga sarana dan prasarana kelengkapan lainnya.

Selain Kemenko Marves yang diwakili oleh Asdep Suparman, acara ini turut dihadiri oleh Komisaris Utama Pertamina Tajudin Noor, General Manager PT Pertamina Gema Iriandus, Asisten Deputi Bidang Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Kementerian BUMN Agus Suharyono, serta Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang hadir melalui video conference didampingi oleh Plt Kadis Koperasi dan UKM Sumut Haikal Amal dan Plh Kepala Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama Setdaprov Sumut Rasyid Ritonga.