goodmoneyID – Tokopedia sebagai salah satau unicorn produk ekonomi digital karya anak bangsa, didirikan sejak 10 tahun silam. Terhitung sejak 2018 lalu, gross merchandise value (GMV) Tokopedia telah menembus angka Rp73 triliun.
Riset LPEM FEB Universitas Indonesia (UI), Tokopedia telah berkontribusi sebesar Rp58 triliun pada tahun lalu. Diprediksi pada tahun ini akan berkontribusi sebesar Rp170 triliun. Sementara GMV pada tahun ini diprediksi mencapai Rp222 triliun pada akhir 2019, atau setara dengan 1,5% terhadap perekonomian Indonesia.
Wakil Direktur LPEM FEB UI Kiki Verico mengatakan, dari hasil riset diketahui bahwa Tokopedia membantu masyarakat. “Tokopedia membuat harga 21% lebih murah, dan juga membuat 79% pembeli menjadi lebih paham tentang produk investasi digital,” ujar Kiki di Jakarta.
Sementara itu pada kesempatan sama, William Tanuwijaya CEO & Co-Founder Tokopedia berharap 10 tahun kedepan Tokopedia harus bisa berkontribusi 5% terhadap perekonomian Indonesia. “Ini adalah langkah awal kami untuk tetap menyediakan platform yang semua orang bisa untuk memulai, lewat dongkrakan inovasi ekonomi digital,” pungkas William.