goodmoneyID – Beberapa pemain besar kembali ikut meramaikan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 2019. Tercatat, antara lain Zalora, Lazada, Elevenia, Bhineka, Shoppee, Bukalapak, Kawan Lama, dan di sektor Farmasi ada K24 (Klinik 24) yang akan ikut dalam gelaran belanja online yang banjir diskon tersebut.
Ignatius Untung, Ketua Umum Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) yang menjadi penyelenggara Harbolnas menjelaskan, event itu sangat terbuka bagi semua sektor marketplace pelayanan jasa, seperti, gojek, layanan ekspedisi, dan fintech. “Semua boleh bergabung, karena tren kita sekarang mengarah kesitu,” ujar Untung.
Harbolnas ini identik dengan diskon super gede yang dilakukan oleh sejumlah platfrom jual beli atau market place. Mereka serentak berlomba lomba memajang diskon pada 11 – 12 Desember 2019. Namun Promo atau diskon yang diberikan sejumlah market place kadang tak masuk akal, misalnya dari harga jutaan menjadi hanya ratusan ribu saja. Maka dari itu IdEA menyoroti soal ini. “Kita berusaha netral, idEA siap memantau siapa saja market place yang melakukan manipulasi diskon, seperti penggelembungan harga sebelum diskon,” ujar Untung.
IdEA akan fokus pada promosi yang fair dari setiap market place dan Perlindungan terhadap konsumen. Untung akan menindak tegas para pelaku yang memanipulasi harga diskon. Karena jika ini terjadi yang rugi bukan hanya pembeli tapi industrinya juga akan hancur, kepercayaan konsumen menurun, dengan cara licik seperti ini.
Untuk itu idEA memberikan beberapa syarat kepada setiap platform yang ingin mendaftar agar semua peserta setuju untuk tidak melakukan praktek promosi yg tidak etis. Syaratnya yakni tidak menggelembungkan harga sebelum diskon, serta tidak memberikan diskon besar tetapi barangnya tidak ada.
“idEA juga akan menghukum mereka jika masih melakukan pelanggaran tersebut, dengan tidak mengikutsertakan mereka pada event Harbolnas di tahun berikutnya,” ucap Untung.
Jika konsumen masih menemukan hal seperti ini, konsumen bisa langsung lapor ke idEA melalui email idEA, dengan catatan konsumen tersebut sudah komplain dengan pihak market place yang bermasalah, tetapi tidak didengar. Setelah tidak ada respons sama sekali dari market place tersebut idEA siap membantu, dengan memberikan email khusus pengaduan konsumen.
“Kita buat satu email khusus untuk pengaduan konsumen yang tidak nyaman dengan market place tertuju, dengan catatan ketika mereka benar benar mentok sudah tidak ada itikad baik lagi dari market place tersebut, maka konsumen bisa email ke idEA,” kata Untung.