Mau Beli Brompton Tapi Mahal? Mini Trek Bisa Jadi Alternatif

Foto: Sepeda Mini trek (Youtube Yudi Mini track)

goodmoneyID – Bersepeda belakangan ini sedang menjadi kegemaran baru masyarakat di Indonesia. Berbagai jenis sepeda mulai dari MTB (Mountain Bike), Sepeda Lipat, Onthel, hingga sepeda balap punya penggemarnya masing masing.

Namun Tahukah kalian dengan sepeda Mini trek? sekilas sepeda mini trek ini hampir mirip dengan sepeda lipat, namun jika dilihat lagi, sepeda ini juga mirip sepeda balap. Betul, sepeda ini bisa dibilang perpaduan antara sepeda balap dan sepeda lipat.

Tapi siapa sangka sepeda mini trek ini adalah hasil modifikasi sepeda sayur yang biasa dipakai oleh ibu-ibu untuk ke pasar, yang di sulap menjadi sepeda menawan dan bisa ngebut, ala sepeda balap.

Sepeda ini diklaim berasal dari kota Surabaya, Jawa Timur. Yang membuat sepeda ini jadi bisa melaju kencang, karena beberapa part seperti gear groupset dan crank, serta part lainnya, telah di modif layaknya sepeda balap. Jadi meskipun kecil kecepatan sepeda ini boleh di adu dengan yang lain.

Harga untuk sepeda Mini Trek ini tidak bisa dijelaskan, karena sepeda ini hasil rakitan, belum dijuak secara masal. Jika ingin membangun sebuah mini trek, total dana yang disiapkan antara Rp1-3 juta, tergantung part dan aksesoris yang digunakan. Dengan uang Rp1 juta pun sudah bisa membangun Mini Trek dengan tipe standar.

Samlawi, salah satu pemilik sepeda Mini Trek mengatakan ongkos yang ia keluarkan untuk membagun 1 unit sepeda tidak lebih dari Rp2 juta. Dimana ia membeli frame atau rangka bekas sepeda sayur seharga Rp100 ribu, lalu groupset Rp700 ribu, rem Rp200 ribu, satu set ban dan velg Rp500 ribu, lalu satu set stang Rp200 ribu.

“Saya suka sepeda Mini Trek ini soalnya unik, terus jarang juga. Jadi kalau lagi gowes banyak yang ngelirik,” kata Samlawi saat dihubungi goodmoneyID, Minggu (21/6).

Secara tidak langsung sepeda Mini Trek ini telah berhasil mengangkat derajat sepeda sayur, menjadi sepeda yang tidak murahan, dan punya nilai jual. Samlawi membeberkan bahwa sekarang untuk mencari frame sepeda sayur yang murah sudah sangat sulit, kebanyakan orang sudah tahu jika sepeda itu bisa di modif menjadi sepeda mini trek, lalu harganya menjadi mahal.

“Susah sekarang cari frame yang murah, soalnya sudah pada tahu bisa dimodif sepeda bagus, sekarang frame sepeda sayur kisaran harganya Rp400 ribuan,” pungkasnya