Mau Jadi Satpam Bank? Yuk Intip Besaran Gaji Dan Tunjanganya!

Foto: Sumber Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI)

goodmoneyID – Satpam (Satuan Pengamanan) atau security merupakan profesi yang penting disebuah perusahaan. Namun profesi ini masih dipandang sebelah mata oleh sebagian besar orang. Padahal tugas seorang Satpam ini cukup berisiko dan mempertaruhkan nyawa demi menjaga keamanan. Tak terkecuali satpam di dunia perbankan atau bank.

Saat ini Bidang profesi Satpam telah bertransformasi menjadi salah satu Bidang Profesi yang Bonafit dan menjanjikan bagi siapa saja terkhusus bagi kalangan Milenial muda masa kini.

Di era globalisasi dimana persaingan dalam dunia kerja yang begitu ketat, menjadikan Profesi Satpam menjadi salah satu Profesi yang tidak semua orang bisa menggapainya, bagaimana tidak, untuk menjadi seorang Satpam yang profesional dibutuhkan Pelatihan dan Pendidikan khusus terlebih dahulu.

Pasalnya sebelum melamar ke posisi ini, Anda diharuskan melakukan pelatihan dan pendidikan terlebih dahulu agar dapat memperoleh sertifikat dan kartu anggota resmi dari Binmas Polda.

Setelah mendapatkan legalisasi, persaingan kerja di industri ini barulah dimulai. Tahapan awal biasanya melalui proses recruitment hingga seleksi. Kemudian tahap dimana petugas Satpam tersebut diterima atau tidak di sebuah perusahaan.

Seorang satpam juga harus memiliki sikap ramah tamah kepada siapapun. Pasalnya merekalah orang pertama yang bertemu dengan nasabah atau orang-orang yang memiliki kepentingan di perusahaan tempatnya bekerja. Satpam yang tidak murah senyum tentu hanya akan menjadi bahan gunjingan orang lain.

Bagi Anggota Satpam yang telah bekerja pada Instansi atau Perusahaan, tentunya masing-masing memiliki standar gaji dan tunjangan disesuaikan dengan aturan tempat bekerjanya.

Contoh saja Satpam di beberapa Bank Nasional seperti BRI, Mandiri, BCA dan BNI besaran Gajinya telah masuk Standar Nasional, Dilansir dari Website Asosiasi Profesi Satpam Indonesia (APSI), besaran gaji security bank untuk 5 bank terbaik di Indonesia dari segi pelayanan terbaik, fasilitas yang ditawarkan, serta ragam produk perbankan untuk nasabah bisa Anda lihat di bawah ini. Berikut daftar dan ulasannya.

1. Gaji Satpam Bank BRI

BRI atau Bank Rakyat Indonesia menjadi salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia. Dalam merekrut tenaga security, HRD akan memilih security yang memiliki kualifikasi etos kerja baik. Karena, selain security BRI bertugas untuk menjaga keamanan, juga bertugas untuk melayani nasabah. Seperti membantu mengarahkan pelaku UMKM yang membutuhkan suntikan dana untuk menggunakan produk unggulan BRI yaitu KUR BRI.

Security di Bank BRI mendapat gaji per bulan sekitar Rp 3.100.000, Angka ini sesuai dengan rata-rata gaji security di Indonesia yang mencapai Rp 3.110.151.

2. Gaji Satpam Bank Mandiri

Bank Mandiri menempati urutan kedua setelah BRI yang masuk ke dalam jajaran 10 bank terbaik di Indonesia. Tentunya predikat ini tidak lepas dari kinerja security Mandiri yang memiliki prinsip “senyum, sapa, salam, dan tindak terbaik kepada para nasabah”.

Namun, gaji satpam Bank Mandiri per bulannya baru mencapai sekitar Rp 2.000.000, memang lebih kecil, namun tentunya masih cukup untuk memenuhi kebutuhan harian.

3. Gaji Satpam Bank BCA

Bank Central Asia menjadi salah satu Bank swasta terbesar di Indonesia. Urusan melayani nasabah, kualitas layanan BCA sudah tidak diragukan lagi. Gaji satpam Bank BCA mencapai sekitar Rp 2.800.000 per bulannya.

4. Gaji Satpam Bank Negara Indonesia

Bank Negara Indonesia menjadi bank komersial tertua dalam sejarah Republik Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, lebih dari 5 cabang BNI ada di luar negeri. Security BNI mendapat gaji per bulan sekitar Rp 3.600.000, Nominal gaji ini termasuk tinggi dan paling tinggi di antara gaji bank lainnya.

Tunjangan Satpam Bank

Selain mendapat gaji pokok, para security umumnya mendapat tunjangan. Tunjangan-tunjangan tersebut ada yang berupa uang cash, ada yang tidak. Jika security mendapat tunjangan uang cash, akan sangat membantu dalam menambah penghasilan security.

Secara umum, tunjangan yang didapat satpam bank antara lain sebagai berikut:
  1. Tunjangan seragam.
  2. Tunjangan pembinaan.
  3. Tunjangan Hari Raya.
  4. Tunjangan jabatan.
  5. Dan lain sebagainya.

Apa saja sih Peran dan Tanggung Jawab Satpam Lembaga Keuangan Bank?

Satpam (Satuan Pengamanan) memiliki tugas pokok untuk menyelenggarakan ketertiban dan keamanan lingkungan tempat kerja, yang meliputi aspek personel, pengamanan fisik, informasi, serta pengamanan teknis lainnya. Peran dan tanggung jawab secara rinci untuk semua profesi satpam sama, termasuk satpam lembaga keuangan bank. Di antara peran dan tanggung jawabnya bisa Anda lihat di bawah ini.

  1. Membantu polisi untuk menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.
  2. Memberikan rasa nyaman dan aman dalam melayani karyawan, tamu, pengunjung, dan semua masyarakat yang ada di lingkungan tempat satpam bekerja.
  3. Melindungi harta benda melalui keberadaan satpam dengan tingkat visibilitas tinggi guna mencegah aksi kejahatan dan aktivitas lain yang tidak wajar.
  4. Melakukan penjagaan guna menanggulangi terjadinya kecelakaan dan insiden sebelum orang-orang berkumpul di gedung komersial, bandara, bank, tempat diadakannya suatu acara, dan lain-lain.
  5. Mengawasi sekaligus mewaspadai orang atau barang yang mencurigakan.
  6. Melakukan penjagaan mobil pengangkut barang berbahaya, mobil pengangkut uang tunai, dan lain-lain.

Demikian ulasan kami mengenai Gaji Terbaru Satpam Bank BRI, Mandiri, BCA, dan BNI, semoga bisa memicu semangat bagi kita semua untuk bersama-sama menjadikan Satpam sebagai Profesi yang lebih mulia lagi dan menjadi kebanggaan bagi Indonesia.