Mengenal Ant Financial, Fintech Terbesar Dunia Dengan Valuasi Rp2100 Triliun

sumber foto: thexrpdaily.com

goodmoneyID – Ant Financial kini merupakan perusahaan financial technology (fintech) terbesar dunia. Fintech ini dikontrol langsung oleh Alibaba Group Holding.

Berdiri tahun 2014 Ant Financial fokus menjual berbagai produk manajemen dan menawarkan pinjaman kecil dan skor kredit. Hingga kini Ant Financial mampu mengumpulkan lebih dari 1,2 miliar pengguna di seluruh dunia. Menurut Douglas Feagin, presiden kelompok bisnis internasional di Ant Financial, mengutip CNBC Internasional, ada  900 juta (pengguna) di Tiongkok, dan 300 juta di luar Tiongkok.

Ant Financial memiliki ambisi untuk melayani 2 miliar konsumen selama 10 tahun ke depan dan mayoritas pengguna akan datang dari luar China. Ant Financial memiliki total valuasi hingga USD150 miliar pada 2018, atau setara dengan Rp2100 triliun (asumsi kurs USD1= Rp14.000). Nilai ini hampir sama dengan Pendapatan dalam APBN 2019.

Walaupun angka valuasi dan jumlah user sudah sangat banyak, dan sudah di nanti oleh banyak investor, Ant Financial sampai detik ini belum berencana go public. Dalam satu dekade kedepan jumlah penggunanya ditargetkan melonjak menjadi  2 miliar pengguna aktif yang tersebar di seluruh dunia.

Ant Financial melihat potensi ekspansi internasional, dengan investasi, usaha gabungan dan kemitraan di seluruh dunia. Tetapi China tetap menjadi inti bisnis Ant Financial. Perusahaan ini akan memperluas jaringan ke daerah-daerah baru, untuk menyediakan layanan keuangan dan menyasar usaha kecil dan menengah.

Rata-rata pinjaman yang diberikan oleh Ant Financial adalah sekitar USD1.600 dolar atau sekitar 22 juta rupiah kepada bisnis kecil. Serta memungkinkan Alipay untuk menerima pembayaran angsurannya.