Museum Bisa Jadi Sumber Inspirasi Seni dan Ekonomi Kreatif

Foto: Ilustrasi Museum (Sumber: Pexels)

goodmoneyID – Sebagian besar masyarakat selama ini masih memandang museum hanya sekadar sebagai tempat koleksi benda-benda bersejarah dan purbakala. Karenanya museum hanya dikunjungi jika ada tugas yang diberikan sekolah, kampus ataupun kantor yang terkait dengan bidang kesejarahan. Padahal museum memiliki potensi yang sangat besar sebagai sumber inspirasi untuk pengembangan bisnis dan berbagai usaha ekonomi kreatif.

“Sumber inspirasi itu bukan hanya dari koleksi museum yang memang memiliki nilai seni tinggi, bahkan bangunan dan situs yang jadi bagian komplek sebuah museum dapat menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan kreasi seni dan ekonomi kreatif,” ujar Musiana Yudhawasthi, Ketua Komunitas Jelajah.

Karena itu ia menggagas diselenggarakannya seminar yang diharapkan akan mengupas berbagai potensi yang dimiliki museum dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif.  Acara yang diselenggarakan dalam rangkaian peringatan Hari Museum Indonesia 2021 juga bertujuan membangun sinergi dan kolaborasi antara museum, pelaku seni, pelaku ekonomi kreatif dan komunitas.

Selain itu dari penyelenggaraan acara ini diharapkan akan diperoleh berbagai masukan untuk pengembangan museum dari berbagai kalangan dengan beragam profesi, pelaku seni dan pelaku ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Bapak Sandiaga S. Uno akan memberikan pidato kunci dalam acara yang diselenggarakan secara daring ini, dan akan membahas tentang bagaimana museum dapat dijadikan sebagai destinasi wisata yang inspiratif untuk pengembangan ekonomi kreatif di masa mendatang.

Melihat potensi yang dimiliki museum agaknya sudah waktunya pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengambil peran yang lebih besar dalam memanfaatkan potensi dan peluang yang ada ini.

“Sehingga museum juga dapat berperan serta dalam membangun ekonomi kreatif di Tanah Air, seperti yang sudah dilakukan museum di negara-negara lain,” harap Musiana.

Selain Sandiaga S Uno, berbagai kalangan juga akan hadir dan memberikan pandangan dan gagasannya dalam webinar hasil kerjasama Komunitas Jelajah dan Museum BI ini, seperti Samuel Wattimena, seorang disainer terkemuka Indonesia, yang akan membahas tentang potensi museum sebagai sumber inspirasi di bidang fashion. Selain itu akan hadir pula Yudhistira ANM Massardi, sastrawan, yang akan mengupas tentang museum sebagai sumber inspirasi karya sastra.

Dari kalangan generasi milenial akan hadir artis Olivia Zalianty yang akan membawakan topik museum sebagai inspirasi berkarya generasi muda, dan Hendi Jo, praktisi film, yang akan mengupas bagaimana museum dapat dijadikan inspirasi untuk karya film. Dari kalangan akademisi juga akan ikut urun rembug, yakni Nano Warsono, dosen dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang akan membahas topik museum sebagai sumber inspirasi karya milenial.

Acara webinar yang diselenggarakan Sabtu, 16 Oktober 2021, pukul 08.30-12.00 WIB ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan Yahya Andi Saputra, budayawan Betawi yang akan mendongeng tentang museum.